Pangdam VI/Mlw dan FKPD Gelar Safari Ramadhan

0 27

DETAKKaltim.Com, PPU : Mayjen TNI Subianto, Panglima Kodam VI Mulawarman, bersama FKPD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Prajurit TNI AD dan komponen masyarakat di Masjid Agung Al-ikhlas Kabupaten PPU, melaksanakan Safari Ramadan 1439 H baru-baru ini.

Tohar, Sekretaris Daerah Kabupaten PPU dalam sambutannya menjelaskan kepada Pangdam bahwa, Kabupaten PPU ini adalah daerah pemekaran baru dari Kabupaten Paser menjadi daerah otonom. Usia pemekarannya di tahun 2018 ini telah menginjak usia Ke-16, dengan usianya yang relative masih muda ini sepintas dinamika perkembangan daerah mulai dari Penajam sampai ke Petung, di mana Kompi C 612 berada belum nampak dinamika tersebut.

“Tapi prasyarat-prasyarat daerah otonomi yang baru isya Allah sudah terpenuhi, hanya tinggal beberapa persoalan yang ingin kita sejajarkan dengan daerah lain. Inilah barangkali perlu perjuangan berat bagai Pemerintah Kabupaten PPU ke depan. Selain dari pada itu kondisi Kabupaten PPU insaya Allah relatif aman terkedali dan kondusif, karena kami beserta unsur FKPD senantiasa intensif dalam rangka memantau, memonitor setiap dinamika perkembangan daerah. Terutama berkaitan dengan persoalan-persoalan yang memungkinkan timbulnya priksi-priksi negative di masyarakat,” ungkap Tohar.

Dan juga, lanjut Tohar, efektif dalam rangka menangkap sinyalemen yang memungkinkan adanya gangguan-gangguan di tengah masyarakat, baik dari aspek keagamaan, organisasi kemasyarakatan, maupun hal-hal lainnya.

Kabupaten PPU merupakan satu-satunya di antara 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur pada tanggal 27 Juni 2018 akan datang melaksanakan Pilkada, Tohar mengatakan, mudah-mudahan suasana kondusif yang sudah tercipta oleh seluruh komponen masyarakat di Kabupaten PPU ini senantiasa terjaga oleh komponen yang ada juga.

“Dengan kunjungan safari Bapak Pangdam, kiranya kondisi dapat dipupuk kembali dangan beberapa catatan dan arahan. Sehingga seluruh komponen masyarakat bisa mengambil kontribusi dan mengambil peran sesuai dengan fungsinya masing-masing, sehingga harapan kita bersama kondisinya tetap terjaga. Kerana kondisi aman dan tentram ini sesungguhnya dibutuhkan oleh kita semua bukan oleh orang per orang, bukan juga oleh institusi-institusi tertentu. Karena prasyarat inilah yang diperlukan bagi jalannya roda pemerintahan kita, kapan saja dan di mana saja,” ungkap Tohar.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subianto mengatakan bahwa pihaknya ingin mempererat hubungan tali silaturrahmi dengan seluruh masyarakat di Kabupaten PPU. Ia menegaskan, kunjungannya tidak ada kaitannya dengan kegiatan perpolitikan di PPU. Mantan Kasdam VI Mulawarman ini menyatakan salut kepada pihak FKPD di Kabupaten PPU karena kondisi daerah hingga saat ini terbilang aman dan terkendali.

“Dengan renacna terbangunnya Jembatan Tol Teluk Balikpapan nantinya, saya meminta kepada kita semua agar lebih mewaspadai adanya tingkat kejahatan. Berkaitan dengan itu saya sampaikan kepada seluruh prajurit yang bertugas di PPU, agar meningkatkan sinergitas yang sudah terjalin selama ini, baik TNI-Polri dan Pemda. Kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat harus tetap terjaga untuk stabilitas keamanan. Komitmen kita bersama adalah menciptakan kemanan dan kondusifitas daerah ini,” tutup Pangdam. (humas8/iskandar/LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!