Misteri Wawali Balikpapan, Ketua DPRD Ungkap 3 Parpol Usung 1 Nama

Abdulloh : Sudah Menyetujui Satu Nama

0 68

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Calon Wakil Wali (Wawali) Kota Balikpapan hingga saat ini, masih menjadi misteri. Tidak ada yang tahu siapa bakal nama calon yang akan mendampingi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud hingga akhir masa jabatannya.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud untuk segera menunjuk 2 nama bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Sebenarnya kewenangan bakal calon Wakil Wali Kota Balikpapan, ada di Partai Politik (Parpol) pengusung. Sebab saat Pilkada 2020 pasangan Rahmad – Thohari diusung oleh tujuh partai yang ada di parlemen,” kata Abdulloh ketika diwawancarai Wartawan, Selasa (11/10/2022).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, saat ini masing-masing partai pengusung telah mengusulkan satu nama calon Wakil Wali Kota. Sehingga pihaknya meminta Wali Kota untuk segera menunjuk 2 nama, yang sudah diserahkan partai pengusung.

“Jadi nanti dua nama calon Wakil Wali Kota akan disampaikan kembali ke partai pengusung, apakah disetujui atau tidak itu keputusan dari partai pengusung,” terangnya.

Abdulloh mengatakan, ketika 2 nama telah diusulkan ke partai pengusung. Selanjutnya partai pengusung setuju atau tidak. Jika partai pengusung tidak menyetujui 2 nama tersebut, maka proses seleksi Wawali tidak akan berjalan.

Menurutnya, setelah partai pengusung sudah setuju semua dengan nama-nama tersebut. Maka DPRD Kota Balikpapan baru bisa membentuk Panitia Pemilihan.

Saat ini ada 3 Parpol pengusung yang sudah setuju, dengan satu nama calon Wakil Wali Kota Balikpapan. Yakni, Golkar, PDI Perjuangan, dan PPP.

“Ketiga Parpol tersebut sudah menyetujui satu nama. Namun belum tentu Parpol lain menyetujuinya,” tuturnya.

Ia menegaskan, nantinya yang disetujui bukan hanya satu nama calon saja. Tapi harus 2 nama, berdasarkan Undang-Undang. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!