Legislator PKS Kutim Minta BPBD Tambah Personel dan Armada

2023 BPBD Kutim Dianggarkan Sekitar Rp150 Milyar

0 100

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Jimmy, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengingatkan kepada pemerintah dan BPBD Kutim untuk siap sedia dan tanggap terhadap dampak bencana alam, di tengah cuaca ekstrem.

Jimmy mengungkapkan, banjir yang merendam 2 Kecamatan itu kini sudah dilakukan evaluasi baik dari Pemkab Kutim, Pemprov Kaltim, juga Pemerintah Pusat.

“Semua kan punya peran itu, ya termasuk kemarin ada peran Provinsi dan Pusat terkait dengan Pemerintah Daerah ini dari segi formalnya,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/11/2022).

Untuk pembinaan teknis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diminta menambah armada dan pasukan yang selalu siap sedia dalam menghadapi bencana.

Baca Juga :

Jimmy mengaku, Komisi C juga telah mendorong pemerintah terkait masalah anggaran tak terduga yang telah direncanakan sebesar Rp150 Milyar pada 2023.

Awalnya hanya Rp5 Milyar, ditingkatkan menjadi Rp15 Milyar. Kalau nggak salah ini disiapkan lagi sekitar Rp150 Milyar untuk APBD murni 2023. Kalau tidak salah ya, saya lupa itu angkanya tapi sempat dibacakan saat Paripurna itu sekitar Rp150 Milyar. Itu dana tak terduga ya, untuk antisipasi kegiatan,” paparnya.

Meski ini merupakan dana tak terduga, Jimmy berharap BPBD dapat menambah personel ataupun membekali seluruh personelnya dalam memperbaiki SDM di dalamnya. Ia juga mendorong supaya anggaran BPBD Kutim, lebih diprioritaskan pada operasional penanggulangan bencana

“Anggaran BPBD Kutim di APBD 2023, lebih difokuskan pada ke operasional tanggap bencana.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!