Legislator PDIP Sorot Perusda Milik Pemprov Kaltim

Nilai Sumbangsih PAD Kecil, Agiel : Ini Yang Perlu Dievaluasi

0 140

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur Agiel Suwarno sorot Perusahaan Daerah (Perusda), yang juga biasa disebut Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Menurutnya, Perusda milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Benua Etam perlu untuk dievaluasi secara berkala, agar dapat meningkatkan fungsi pengawasan dari DPRD.

“Selama ini, tidak terlihat evaluasi secara berkala, sehingga akhirnya melemahkan fungsi pengawasan DPRD,” bebernya, Senin (19/12/22).

Evaluasi secara berkala, sambung dia, merupakan faktor penting guna mengetahui progres dan target yang telah dicapai, dalam rangka pemaksimalan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami merasa PAD yang disumbangkan masih sangat kecil. Ini yang perlu dievaluasi agar ke depan sumber PAD dari Perusda lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :

Lebih lanjut Ageil mengatakan, dengan banyaknya suntikan dana penyertaan modal dari Pemprov Kaltim, ia meminta seluruh BUMD di Benua Etam agar dapat berkontribusi lebih terhadap kemajuan daerah.

Kata demi kata yang disampaikan Agiel ini bukan tanpa alasan. Ia mengakui sangat paham dengan apa yang ia ucapkan, sebab ia juga memiliki latar belakang pengusaha.

“Apabila Perusda telah mendapatkan modal dengan cara berhutang, mereka harus memikirkan bagaimana hitungan pengembaliannya. Oleh karenanya, mereka harus tentukan target yang jelas dan terukur,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, yang diharapkan bukanlah sekedar predikat sehat, melainkan target-target apa saja yang telah dicapai, termasuk di dalamnya secara detail pengembangan usaha.

“Berapa target-target yang tercapai per triwulan, data itu yang belum terbaca secara detail,” imbuhnya.

Tak ingin tinggal diam, ia menambahkan, Komisi 2 akan memanggil setiap Perusda milik Pemprov Kaltim untuk menjelaskan secara rinci rencana bisnis dan target capaian pendapatan.

“Maka dari situ, nanti bisa ditelaah apakah capaian target PAD bisa dimaksimalkan setiap Perusda.” tandas Agiel Suwarno yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Timur. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!