Kunjungi Kampung Muara Gusik, Legislator Kaltim Bumikan Wawasan Kebangsaan

Marthinus: Ada Banyak Sekali Tantangan

0 141

DETAKKaltim.Com, BONGAN: Marthinus, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengungkapkan pentingnya 4 konsensus wawasan kebangsaan untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Marthinus mengatakan hal itu ia sampaikan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan ibu-ibu pada saat Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Kampung Muara Gusik, Kecamatan Bongan, Kabupaten Kutai Barat, Senin (6/3/2023).

4 konsensus kebangsaan yang mesti dipahami kata Marthinus yaitu, Pertama Pancasila. Ini adalah dasar negara yang di dalamnya ada 5 dasar yang harus benar-benar dipahami.

Konsensus Kedua adalah UUD 1945, yang menjadi dasar hukum. Kemudian yang Ketiga adalah Bhineka Tunggal Ika.

Baca Juga:

Dijelaskan Marthinus, meski beragam suku tapi satu juga. Dalam Bhineka Tunggal Ika, masyarakat bisa belajar bagaimana menghormati perbedaan agama, suku, dan ras.

Kemudian Konsensus Keempat adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang harus dijaga dan dirawat bersama-sama.

“Kita tidak mau seperti negara lain yang terpecah hanya karena perbedaan,” kata Marthinus yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Melalui Sosbang, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim berharap negara mampu membumikan kembali wawasan kebangsaan dan masyarakat lebih mencintai Bangsa dan Negara Indonesia.

Karena, lanjut Marthinus, pada era sekarang ada banyak sekali tantangan yang dapat memecah belah persatuan bangsa. Seperti informasi hoax, ideologi dari luar, dan adu domba sesama anak bangsa.

Karena itu, ia menegaskan butuh pemahaman yang kuat terkait nilai-nilai kebangsaan yang terinternalisasi dalam diri.

“Semoga kegiatan Sosbang ini bermanfaat untuk warga.” kata Marthinus menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!