Jadikan KRF Ajang Promosi Wisata Kukar

0 52

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Gelaran Rock In Borneo (RIB) pada 26 Maret 2016 di lapangan Panahan Kompleks Olahraga Aji Imbut, Tenggarong Seberang, yang tahun ini menghadirkan  Michael Learns To Rock (MLTR) juga sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Pesan Bupati Rita Widysari kepada kami yaitu bagaimana memperkenalkan pariwisata Kukar dalam event rock terbesar tanah air ini,” ujar Event Manajer RIB, Akbar Haka, Rabu (23/3/2016) saat rapat koordnasi persiapan RIB di Pendopo Odah Etam.

Akbar mengatakan pada tahun lalu, event musik rock tahunan itu dihadiri 70 ribu penonton yang sebagian datang dari luar Kaltim, bahkan dari luar negeri. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi wisata Kukar. Sehingga saat gelaran RIB 2016 ini pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar akan mempromosikan pesta adat seni dan budaya Erau 2016.

Selain itu menurut Akbar, di sekitar arena RIB akan ada pameran baju adat Kutai dan Dayak oleh beberapa sanggar seni yanga ada di Tenggarong dan sekitarnya.

“Pengunjung dapat menyewa baju adat tersebut untuk dipakai berfoto,” ujarnya.

Untuk memberikan kesempatan bagi industri kreatif lokal, pada arena RIB juga terdapat tenda untuk pedagang kuliner khas daerah.

Akbar juga berharap RIB yang merupakan salah satu event musik rock terbesar tanah air dapat dimanfaatkan masyarakat secara tertib untuk menumbuhkan usaha ekonomi kreatif.

Menurut Akbar, persiapan RIB yang menghadirkan band asal Denmark tersebut sudah mencapai 80 persen. Lapangan sudah dibersihkan dan panggung telah berdiri.

“Dua puluh persennya tinggal finishing saja,” ujarnya.

Akbar mengatakan rencananya MLTR yang saat ini menyisakan 3 personel yakni, Jascha Richter (Lead vocal/Keyboards), Mikkel Lentz (Guitar/vocal) dan Kare Wanscher (Drummer), akan tiba di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Jum’at (25/3/2016) malam.

Ditambahkan Akbar, untuk memperlebar pasar RIB pihaknya menarik beberapa nama yang mewakili genre masing masing band seperti Revenge The Fate unit Deathcore dari Bandung, HellCrust (Death Metal dari Jakarta), Taring Hardcore (Bandung), Down For Life (Solo),Undergrace (Toraja), Karat (Malang).

“Sedangkan band Nasional yang akan tampil tepat sebelum penampilan MTR yaitu Power Slave,” ujarnya. (HA)

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!