KPU Balikpapan Lanjutkan Sosialisasi Pilkada

Thoha : Tidak Sampai 10 Persen Yang Mengetahui

0 189

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melanjutkan agendanya dalam sosialisasI Pilkada Balikpapan setelah sekian bulan tertunda akibat dari pandemi Covid-19, Jum’at (20/6/2020).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, terkait dengan kegiatan lanjutan sosialisasi tahapan berdasarkan Keputusan KPU Nomor 258/PL.02-Kpt/01/KPU/VI/2020 tentang Penetapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Tahun 2020.

“Dari hasil survei KPU Kota Balikpapan sekitar 250 koresponden di Balikpapan, tidak sampai 10 persen yang mengetahui akan perubahan jadwal Pilkada 23 Sepetember digeser menjadi 9 Desember,” kata Thoha.

Dengan sosialisasi tahapan ini, kata Thoha lebih lanjut, bersama media untuk selalu update dalam setiap kegiatan di KPU agar dapat tersampaikan kepada masyarakat Balikpapan pada umumnya.

Masih kata Thoha, terkait dengan anggaran Pilkada Rp53,9 Miliar itu adalah anggaran Pilkada pada saat kondisi normal dengan melihat Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, yang mengatur tentang Pilkada. Seluruh pembiayaan penyelenggaraan Pilkada menggunakan APBD dan dapat dibantu dengan APBN.

Thoha menambahkan, terkait dengan rasionalisasi anggaran honor adhock seharusnya dianggarkan pada tahun 2020 yang kekurangan Rp 6 Miliar, pemerintah kota juga tidak bisa menyanggupi untuk menambahkan anggaran tersebut.

“Jadi rasionalisasinya diarahkan untuk mencukupi besaran honor Adhcok, sementara yang dimintakan APDnya saja,” kata Thoha lebih lanjut.

Setelah dilakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan, sebut Thoha, untuk PPK dan PPS akan dilakukan Rapid Test dalam waktu dekat dengan jumlah keseluruhan 132 orang. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!