Ketua KPU Resmikan Lamin Pintar Pemilu

0 58

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Juri Ardiantoro meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kalimantan Timur untuk Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan Kutai Barat sekaligus meluncurkan Ruang Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Kaltim, Rabu (29/3/2017).

Dalam sambutannya, terkait peresmian Rumah (Lamin) Pintar KPU Kaltim menjadi tempat belajar komisioner dan anggota sekretariat KPU. Juri berharap anggota KPU lebih pintar dari Partai Politik.

“Kita tidak ingin KPUnya tidak lebih pintar dari Partai Politik,” sebut Juri.

Rendahnya angka partisipasi publik dalam menyalurkan suaranya dalam Pemilu juga disorotinya, kecenderungan masyarakat yang apatis dan menjauhi politik yang dianggap tidak memberikan mamfaat terhadap dirinya harus dihilangkan.

“Mestinya kita harus bersama-sama mengajak kembali masyarakat atau memperjuangkan bagaimana masyarakat menganggap politik itu penting,” jelas Juri lebih lanjut.

Ia juga meminta agar komisioner di provinsi dan kabupaten/kota serta sekretariat KPU untuk kompak membicarakan kepentingan bersama.

“Tidak boleh ada yang tidak terbuka, apa lagi bekerja sendiri-sendiri,” tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutannya mengajak masyarakat Kaltim untuk cerdas dan pintar dalam berdemokrasi.

“Masyarakat Kaltim harus cerdas, masyarakat Kaltim harus pintar dalam berdemokrasi,” sebut Awang.

Ketua KPU Kaltim Muhammad Taufik menyampaikan RPP bisa menjadi sarana edukasi pendidikan politik bagi masyarakat Kaltim. Sebagaimana diketahui saat ini anggaran yang terbatas sehingga dioptimalkan sebagai tempat untuk menggelar sosialisasi.

“Selain menjadi sarana edukasi pendidikan berpolitik serta menjawab dalam persoalan Pemilu. Partisipasi masyarakat saat Pemilu masih minim,” jelas Taufik.

Hadir dalam peresmian RPP tersebut seluruh komisioner dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, serta sejumlah pengurus partai politik. (LVL)

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!