Ketua Komisi B DPRD Kutim Usulkan Alat CAS Untuk Pertanian

Faizal : Selama Ini kan Belum Ada Solusi Yang Tepat

0 49

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Untuk mengatasi permalasahan fluktuasi harga sejumlah komoditas Pertanian, dan mengatasi kondisi serta iklim cuaca yang sering kali tidak berpihak pada Petani. Ketua Komisi B DPRD Kutai Timur (Kutim), Kaltim, Faizal Rachman mengusulkan agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutim segera memiliki Control Atmosphere Storage (CAS).

Sebuah mesin penyimpanan yang dapat mendongkrak hasil Pertanian meskipun di cuaca penghujan maupun kemarau. Dengan alat CAS hasil panen akan mampu bertahan hingga 6 bulan lamanya.

“Kalau di Kutim khususnya UPT Pasar ada menyediakan mesin CAS, maka hasil panen Petani akan bertahan lama dan tentunya perekonomian Petani tidak anjlok,” ujarnya saat ditemui, Rabu (10/3/2021).

Faizal menegaskan jika instansi terkait dapat segera mendatangkan mesin CAS, namun harus dapat menetapkan kebijakan agar produk Petani lokal menjadi prioritas.

Baca juga : Anggota Legislatif Minta Pemkab Kutim Realisasikan Hasil Musrenbang 2020

“Ketika barang ini ada, jangan hasil tani dari luar daerah yang menjadi prioritas. Namun wajib dan harus petani lokal, buatlah kebijakan hasil tani lokal prioritas masuk di situ,” tegasnya.

Dengan CAS nantinya petani akan diuntungkan, karena hasil panen bertahan lebih lama dan hanya dikenakan biaya pengganti operasional yang sangat terjangkau.

“Selama ini kan belum ada solusi yang tepat untuk masalah umum Petani. Sebab itu semoga pemerintah segera mengadakan alat CAS itu agar Petani dapat terbantu,” pungkasnya. (DK.ComAdv.)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!