Kawasan Wisata Berau Mendunia, Perlu Kantor Basarnas

0 62

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Badan Search and Resque (Basarnas) Kaltim-Kaltara kedatangan tamu dari pemerintah Kabupaten Berau.

Perwakilan Komisi 1 DPRD dan Pemerintah Kabupaten Berau melakukan kunjangan kerja dalam hal penanggulangan dan pencegahan bencana, Kamis (29/12) di Kantor Basarnas yang terletak persis berhadapan dengan Bandara Sultan Muhammad Aji Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Dalam kunker tersebut dibahas rencana pembanguna sarana Basarnas di Kabupaten Berau yang sejauh ini belum tersedia.

Kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Kepala Basarnas Kaltim-Kaltara Mujiono memaparkan, Pemerintah Kabupaten Berau berencana  membangun Kantor Basarnas di tempatnya. Sebab menurut Pemerintah Kabupaten Berau, daerahnya adalah obyek wisata yang telah mendunia. Banyak turis lokal maupun turis asing, berkunjung ke daerah itu.

Selain itu, Kabupaten Berau memiliki aset alam yang sangat berharga, yang patut untuk dijaga. Dengan segala potensi bahaya bencana yang ada, lanjut Mujiono, dirasa mendesak kehadiran Basarnas di kawasan yang terletak di ujung Kaltim tersebut.

“Salah satunya yang masuk pembahasan ialah pembangunan Kantor SAR di sana (Kabupaten Berau),” katanya.

Didampingi Kasi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara Octavianto, pihaknya belum dapat memastikan kapan hal tersebut dapat diwujudkan. Sebab, pembagunan Kantor SAR tersebut baru sebatas wacana lisan.  Pihaknya sangat berharap, agar ada permintaan resmi secara terulis dari Pemerintah Kabupaten Berau.

“Karena itu akan membuat prosesnya akan lebih cepat dan baik,” pintanya.

Sementara dalam kunjungan tersebut, Pemerintah Kabupaten Berau mengirim sembilan orang perwakilan. Yakni, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Berau Abdul Waris. Abdul Waris juga membawa anggotanya, yakni, Eko Wiyono, Tri Kombong, Syahrun, Jackson Al Ongkos dan Nirmaddin.

Selain itu ada juga dari Pemda Kabupaten Berau, Juliansyah, Alpin Noor serta Rizal Effendi. Menanggapi hal ini Abdul Waris mengatakan.  Berau mencakup daratan dan lautan yang cukup luas. Jadi, berkoordinasi dengan Basranas, sangatlah diperlukan untuk bersama-sama menjaga wilayah Kabupaten Berau.

“Kunjungan kami ke Basarnas, sebagai bentuk komitmen kami menjaga Kabupaten Berau, khususnya obyek wisata di Berau. Mudah-mudahan pemerintah kabupaten Berau sangat mendukung pembagunan kantor Basarnas di Berau,” pungkasnya.(Rsk)

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!