Kantor SAR Balikpapan Gelar Pelatihan Personil 5 Hari

Melkianus : Latihan SAR Beregu dan Satuan

0 104

DETAKKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sesuai Jadwal, hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan kegiatan Latihan SAR Beregu dan Satuan bagi Personil Basarnas Balikpapan, yang digelar Kantor SAR (KanSAR) Balikpapan mulai 28 Maret hingga 1 April 2022.

Sebagaimana disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, kegiatan pelatihan ini sesuai program kerja Kantor SAR Balikpapan.

“Sesuai program kerja KanSAR Balikpapan dan untuk melaksanakan Kesiapsiagaan Alut dan Personil Kansar Balikpapan, dilaksanakan pembukaan Latihan SAR Beregu dan Satuan bagi Personil Basarnas Balikpapan,” kata Melkinus, Senin (28/3/2022) sesaat setelah membuka kegiatan tersebut.

Dijelaskan Melkianus, kegiatan yang digelar selama 5 hari ini diikuti 40 orang peserta. 22 orang merupakan Rescuer, sedangkan 13 orang kru dari KN SAR. Selain itu, juga ada 5 orang sebagai Petugas Komunikasi.

Dalam Latihan ini, sejumlah alat digunakan di antaranya 1 unit Rescue Truck, 1 unit Rescue Carrier, 2 unit Rubber Boat, 1 set alat Aquaeye (alat pencarian di bawah air), 4 set peralatan Selam, dan Peralatan SAR Air lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat kesiapsiagaan personil Basarnas Balikpapan dan kesiapsiagaan sarana SAR guna untuk melaksanakan Operasi SAR,” jelas Melkianus.

Dikonfirmasi terkait pelaksanaan hingga hari terakhir kegiatan, Melkianus mengatakan kegiatan sesuai rencana yang disusun oleh bagian operasi.

“Seluruh kegiatan berjalan lancar aman,” jelasanya, Jum’at (1/4/2022).

Mengenai rencana serupa ke depan, Melkianus menjelaskan, untuk tahun 2022 ada beberapa agenda kegiatan latihan bagi anggota Basarnas Balikpapan yang akan dilaksanakan setelah selesai Lebaran.

Kegiatan itu dalam rangka menguji kesiapsiagaan personil dan sarana baik Operasi SAR di Penerbangan, Pelayaran dan kecelakaan lainnya di wilayah Kaltim khususnya di Balikpapan dan sekitarnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!