Kades Malinau Kota Respon Rencana Lahan TPA

0 92

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Kepala Desa Malinau Kota Saparudin berterima kasih atas apa yang di sampaikan oleh Christina Simamora, Camat Malinau Kota yang telah memberikan saran dan masukan terhadap wacana pembangungan Tempat Pemakaman Akhir (TPA) baru, yang merupakan kebutuhan bagi warganya khususnya Malinau Kota.

Diakui Saparudin, TPA yang ada di wilayah Malinau Kota saat ini sudah tidak layak lagi dengan kondisi pemakaman yang sudah hampir penuh. Menurutnya, kegiatan pengadaan TPA perlu mendapat keputusan halayak luas yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan  Ketua RT untuk mendengarkan saran  masukan serta masyarakat lainnya yang perlu dimusyawarahkan

“Memang ini sudah ada gambaran rencana untuk pembebasan lahan, itu kalau tidak salah kurang lebih 2 hektar. Tapi ini belum kami cek lokasinya, dan ini ada 2 orang informasinya dari masyarakat juga di rencanakan ada 2 titik,” tutur Saparundin, Kamis (21/7/2016) di ruang kerjanya.

Lebih jauh dijelaskannya, informasi yang disampaikan oleh pemilik lahan, seorang warga Malinau Kota kepada pihak pemerintah desa yang siap dijadikan TPA, ada 2 titik lokasi salah satunya berada di wilayah RT15 Jalan Tani Malinau Kota. Dengan adanya penyampaian dari masyarakat selaku pemilik lahan, pihaknya akan melakukan koordinasi kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Tata Kota Kabupeten Malinau.

Berita terkait : Kecamatan Malinau Kota Sosilisasi RT Bersih

Selain itu, pihaknya tidak bisa memberikan kepastian lahan yang dijadikan untuk TPA di wilayahnya karena perlu mendapatkan persetujuan dari dinas terkait. Yang dikhawatirkan ada rencana lain dari pihak Tata Kota dalam pemekaran pembangunan di Malinau Kota, termasuk lahan yang disampaikan oleh warganya.

Ia berjanji dalam waktu yang dekat pihaknya akan meninjau lokasi sebagaimana yang disampaikan oleh masyarakatnya, sebagai salah satu berita acara untuk tembusan kepada Dinas Tata Kota terhadap kebutuhan TPA. Adapun tempat yang disampaikan oleh warga RT 13 yang berbatasan dengan Desa Batu Lidung perlu dilakukan kejelasan batas desa antara Malinau Kota dan Desa Batu Lidung.

“Kita mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Camat Malinau Kota kemarin untuk memberi dukungan, dan tentu juga dari keputusan dari tokoh-tokoh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandasnya. (fen)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!