Jelang Natal, Warga Kiwirok Kembali ke Tanah Kelahirannya

Suasana Haru dan Bahagia Menyelimuti Kegiatan Pelepasan

0 222

DETAKKaltim.Com, PEGUBIN  : Impian dan harapan warga Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, untuk bisa merayakan Natal bersama keluarga di kampung halamanya akhirnya benar-benar terwujud. Hal ini ditandai dengan adanya kegiatan pelepasan dan pengembalian masyarakat Kiwirok di Gereja GIDI Sion Oksibil, Rabu (30/11/2022).

Pengungsi Distrik Kiwirok bersiap kembali ke kampung halaman setelah mengungsi selama 1,2 tahun. (foto : Exclusive)
Pengungsi Distrik Kiwirok bersiap kembali ke kampung halaman setelah mengungsi selama 1,2 tahun. (foto : Exclusive)

Pelepasan ini dilakukan oleh Waka Ops I Kombes Pol Bambang W Baiin bersama Bupati Pegunungan Bintang Spey Yan Bidana, dan beberapa pejabat dari instansi terkait serta Forkopimda Kabupaten Pegunungan Bintang.

Pada kegiatan ini sedikitnya ada 20 orang pemuda yang diberangkatkan pada gelombang pertama. Dimana para pemuda tersebut nantinya akan membantu petugas keamanan melakukan pembersihan, dan menyiapkan fasilitas yang ada di Distrik Kiwirok.

Baca Juga :

Kombes Pol Bambang W Bainn Selaku Waka Ops I Damai Cartenz dalam rilis Persnya yang diterima DETAKKatlim.Com, Jum’at (2/12/2022) menjelaskan, hal ini sesuai kesepakatan antara para pemuda dan TNI Polri yang akan diberangkatkan hari ini.

“Nanti rombongan kita antar sampai Kampung Mangabib, selanjutnya bermalam di Kampung Kubibkop, Distrik Oksebang, dan paginya kembali melanjutkan perjalanan menuju Kiwirok,” ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang menuturkan, untuk pemulangan selanjutnya akan dilakukan dengan menggunakan Pesawat Icaros yang diperkirakan 3 hingga 4 kali penerbangan.

“Iya, nantinya kita akan melakukan banyak penerbangan. Mengingat jumlah masyarakat yang terdata di pengungsian saat ini, berjumlah 557 orang dari 1.338 warga yang meninggalkan Kiwirok. Sebagian lagi banyak menyebar ke Distrik tetangga,” tutur Bambang.

Selain itu, Bambang juga menyebutkan kegiatan pemulangan ini sudah ditunggu-tunggu warga Kiwirok, sejak mereka mengungsi di Oksibil selama 1,2 tahun belakangan ini. Dengan adanya pemulangan ini masyarakat menyambut dengan antusias, karena doa dan harapan mereka terwujud. Terutama harapan bisa merayakan Natal di kampung mereka bersama keluarga.

“Kita sudah lakukan koordinasi dan persiapkan segala kebutuhan selama proses pemulangan ini. Kita juga memohon doa dari semuanya, agar selama proses pemulangan ini nantinya berjalan dengan lancar.” pungkas Bambang. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!