Gandeng Wartawan Senior, PHM Bekali Wartawan Ilmu Buat Foto Jurnalistik

0 186

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mengundang puluhan wartawan Samarinda, Tenggarong, dan Balikpapan untuk mengikuti kegiatan presentasi dan pembahasan mengenai Membuat Karya Foto yang Memiliki Nilai dan Kaidah Jurnalistik di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (12/12/2019).

Menurut Head of Communication and External Affairs Division PHM Handri Ramdhani, acara ini adalah acara rutin yang diadakan untuk mempererat silaturrahmi dengan Wartawan.

“Dengan acara ini kami berharap rekan-rekan Wartawan mendapatkan informasi yang berharga bagaimana membuat foto yang baik, dan apa itu foto jurnalistik,” jelas Handri.

Lebih lanjut Handri menjelaskan, program ini akan dilanjutkan pada tahun 2020, berbagai program telah disiapkan. Meski belum ada tanggal yang pasti, namun pihaknya akan memberikan informasi selanjutnya.

Diskusi berkala yang dilakukan PHM kali ini menghadirkan pembicara Arbain Rambey, Wartawan senior Kompas yang telah berkiprah di dunia jurnalistik selama 30 tahun.

Dalam paparannya, Arbain menyampaikan sejumlah materi. Di antaranya terkait jenis-jenis foto, jenis-jenis fotographi, memahami bahasa visual, jenis kerja memotret, unsur foto, pembagian foto jurnalistik, dan berbagai materi lainnya.

“Fota bagus adalah foto yang sesuai dengan target pembuatnya,” jelas Arbain.

Menurutnya, sebuah foto jurnalistik harus sudah jadi sebelum dipotret dalam bentuk konsep, tahu masalah dan tahu kendala.

“Foto yang baik tidak kelebihan data, tidak kekurangan data,” imbuhnya.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan menilai sejumlah foto hasil jepretan peserta pelatihan, yang diambil dari lokasi sekitar tempat kegiatan digelar. (DK.Com)

Penulis : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!