Fitch Naikkan Peringkat Bank Bukopin Menjadi idAAA

Rivan : Kami Sangat Mengapresiasi Pengakuan Yang Cepat Ini

0 59
DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Fitch  Rating  Indonesia  (Fitch)  memperbaharui Peringkat Nasional jangka panjang milik Bank Bukopin sebanyak 4 peringkat menjadi idAAA.

Sebelumnya Fitch juga telah menaikan peringkat Bank Bukopin menjadi idAA-pada Agustus 2020. Pembaharuan  peringkat  tersebut  didasari  oleh tuntasnya proses penambahan  modal Bank Bukopin  oleh  KB  Kookmin  Bank, bank  terbesar  di  Korea  Selatan yang  menjadi  pemegang saham di Bank Bukopin sejak tahun 2018.

Saat ini KB Kookmin Bank memiliki porsi saham di Bukopin sebesar 67%, dan sejak akhir Juli 2020 atas persetujuan Dewan Komisioner OJK, resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali.

President Director Bank Bukopin, Rivan A Purwantono menyatakan, kepemilikan mayoritas KB  Kookmin  terhadap  Bukopin  semakin  meningkatkan  kepercayaan  publik  termasuk  Fitch Rating. Hal  serupa  disampaikan  Fitch  dalam  rilis  di situs  webnya  hari  ini,  porsi  tersebut semakin meyakinkan publik, termasuk di dalamnya lembaga peringkat Fitch Ratings, bahwa kepemilikan  KB Kookmin Bank yang semakin  besar atas Bank  Bukopin  dapat  memiliki dampak signifikan untuk terus tumbuh berkelanjutan.

Di  sisi  lain  Fitch  menyatakan  bahwa  Peringkat  Nasional  Jangka  Panjang Bank Bukopin mencerminkan  ekspektasi  Fitch,  bahwa  Perseroan  saat  ini  memiliki  induk  yang  kuat  dan memiliki kecenderungan tinggi untuk memberikan dukungan terhadap Perseroan.

Sebagai  informasi,  Peringkat  Nasional  Jangka  Panjang  idAAA  menunjukkan  peringkat tertinggi yang diberikan oleh Perusahaan Pemeringkat dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal  bayar yang  rendah terhadap semua  emiten  atau  obligasi  lain.

Rating  tersebut juga masuk dalam kategori Investment Grade. Dalam artian, perusahaan yang berada di peringkat minimal BBB-hingga AAA memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utangnya. Selain memperkuat kepercayaan publik melalui Perusahaan Pemeringkat, posisi KB Kookmin Bank  saat  ini  di  Bank  Bukopin  diyakini  dapat  memperkuat  fundamental  Perseroan  dalam tumbuh  kembang  bisnis.

Diketahui  bisnis  utama  antara  KB  dan  Bank  Bukopin  memiliki karakteriskit  serupa  yang  berfokus  pada segmen  ritel.  Dengan  latar  belakang  tersebut diharapkan dapat tercipta kolaborasi untuk mengembangkan segmen bisnis Bank Bukopin.

Baca juga : Pemerintah dan Regulator Menjaga Bukopin dan Dana Nasabah

Menyambut  perkembangan  ini, President  DirectorBank  Bukopin,  Rivan A Purwantono manyampaikan rasa syukurnya.

“Tentu kami sangat mengapresiasi pengakuan yang cepat ini dari Fitch Ratings. Peringkat AAA ini harus kami jaga dengan baik, karena merupakan bentuk kepercayaan kepada dukungan KB Financial Group di Indonesia, terutama KB Kookmin Bank sebagai PSP dan Bank Bukopin sebagai salah satu ekspansi terbarunya di Asia Tenggara. Untuk  menjaga  kepercayaan  ini,  maka kami  terus  melanjutkan kolaborasi  yang  luar  biasa, kolaborasi  dari  seluruh  lini, dengan  momentum  transformasi  pasca  bergabungnya  Bank Bukopin di keluarga besar KB Kookmin Bank. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kita maju bersama dengan KB Kookmin Bank,” jelasnya. (DK.Com)

Sumber : Bukopin

Editor    : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!