Dishut Kaltim Kunjungi PPU, Sosialisasi Kemitraan

0 56

DETAKKaltim.Com, PPU :  Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kerja sama kemitraan Kesatuan Pengolahan Hutan produksi (KPHP) Bongan, di Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Rabu (26/10/2016).

Kegiatan ini bertujuan untuk turut meningkatkan dan mendorong pertumbuhaan ekonomi di pedesaan, terutama terhadap warga masyarakat yang tinggal dan berhubungan langsung dengan aktivitas perusahaan, sesuai dengan program pemerintah.

Menurut Kadishut Provinsi Kalimantan Timur Wahyu Widhi Hernata, Kaltim memiliki kelebihan dibanding provinsi lainnya, hampir semua Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) ada di sini.

“Peluang besar ini harus dimanfaatkan dengan baik, menjadi prioritas,  khususnya sektor Kehutanan yang harus bekerja sama dengan lintas sektor lain,” sebutnya.

Wahyu mencontohkan seperti yang dilakukan Dinas Peternakan dan Dinas Perikanan, dengan menggunakan dana APBN dan dana Corporate Social Responsibility dari perusahaan sebagai mitra. Dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan  kelompok tani.

“Warga masyarakat tidak minta yang muluk-muluk, yang penting mereka sejahtera,” imbuhnya.

Sedangkan Ardan, Ketua  Kelompok Tani Kamase Wana Lestari yang beranggotakan 50 orang dengan lahan seluas 50 hektar mengatakan, saat ini pihaknya bekerja secara gotong royong.

“Untuk sementara menanam Gaharu dan tanaman kehutanan lainnya,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa perusahaan, salah satunya PT Balikpapan Wana Lestari yang dihadiri H Asrul Salam selaku direktur, Polsek Penajam, Kelompok Tani Kamase Wana Lestari dan rombongan Dishut Provinsi Kaltim. (Amran).

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!