Disdik Kukar, Kerja Sama Tranoto Foundation Akan Dilanjutkan

Ikhsanuddin : Kami Menginginkan 50 Persen

0 145
DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama menjalin kerjasama dengan Tranoto Foundation (TF) dalam program pengembangan Kualitas Pembelajaran (Inovasi Pintar). Program pintar adalah transformasi dari program pendidikan sebelumnya yang bernama Pelita Pendidikan.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, sebanyak 24 sekolah yang sudah bekerja sama dengan (Tranoto Foundation), program tersebut sudah berjalan selama 3 tahun dan akan berakhir November 2020.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara Ikhsanuddin Noor mengatakan, akan memperpanjang kerja sama tersebut. hal itu dilakukan mengingat baru 24 sekolah yang bekerjasama dengan Tranoto Foundation, dan pihaknya menginginkan 50 persen sekolah di Kukar melakukan kerjasama dengan TF. Saat ini Kerja sama itu dilakukan untuk sekolah SD dan SMP.

“Kerja sama ini sudah 3 tahun yang lalu, dan sudah 24 sekolah yang bekerja sama dengan Tranoto Foundation, kami menginginkan 50 persen sekolah di Kukar bisa bekerja sama dengan TF, karena kerja sama antara ini membawa dampak positif untuk dunia pendidikan di Kukar,” Ujar Ikhsanuddin Noor saat dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, Kamis (26/11/2020).

Baca juga : Keluh Kesah Guru SDN 015 Tani Bhakti Ketika Sistem Daring Diberlakukan

Lebih lanjut Ikhsan menjelaskan, dalam program Pintar tersebut Tranoto Foundation juga akan memperbaiki SDM tenaga pendidik dan manajemen sekolah. Dengan harapan dapat mengetahui cara mengajar yang baik dan mengelola sekolah yang baik, apalagi saat ini yang dikembangkan metode pengajaran Higher Order Thinking Skills (Hots), yakni pembelajaran berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi.

“Metode pembelajarannya salah satunya berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas, yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi dengan baik,” jelasnya.

Tidak hanya SD dan SMP, kedepan pihaknya akan membangun kerjasama untuk jenjang PAUD, hal itu dilakukan agar Pendidikan Anak Usia Dini di Kukar memiliki pendidikan yang berkualitas. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!