Diprotes Paslon, Ajakan Memilih Kokos Direspon KPU Balikpapan

Thoha : KPU Netral

0 135
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan semakin dekat, namun beberapa hari terakhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mendapatkan protes dari tim pasangan calon (Paslon) Rahmat Mas’ud (RM) dan Thohari Aziz (TA).

Dimana protes yang dilayangkan kubu Paslon terkait adanya Baliho besar yang mengajak masyarakat untuk memilih Kolom Kosong (Kokos), bukan ajakan memilih Kokos yang dipermsalahkan oleh tim Paslon, melainkan di dalam Baliho tersebut terdapat tulisan “Membantu Sosialisasi KPUD Balikpapan”.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha membenarkan bahwa beberapa hari terakhir KPU mendapatkan protes dari salah satu tim Paslon, terkait adanya Baliho yang terpampang di salah satu sudut jalan Kota Balikpapan.

“Kemungkinan ada di beberapa tempat, tapi saya tidak mengetahuinya, hanya yang saya tahu di Sungai Ampal,” katanya, Kamis (26/11/2020).

Thoha menjelaskan, di dalam Baliho besar tersebut terdapat kontennya yang berisi tentang ajakan kepada masyarakat agar memilih Kolom Kosong (Kokos).

Dengan adanya tulisan tersebut, KPU Balikpapan merasa tidak nyaman terhadap konten tersebut.

Baca juga : Jelang Pilkada Balikpapan, Petugas KPPS Jalani Rapid Test

“Jika ingin membantu KPU dalam sosialisasi, maka sifatnya netral yakni berupa ajakan agar masyarakat datang untuk menggunakan hak pilihnya ke Tempat Pemungutan Suara. Ajakan memilih Kolom Kosong maupun Paslon semua sah, hanya saja tidak melibatkn KPU untuk memilih salah satu di antara keduanya,” pintanya.

Thoha menghimbau, agar yang memasang Baliho tersebut untuk segera menurunkan dan menggantinya. Karena KPU merupakan lembaga independen, dimana KPU tidak berpihak kepada Paslon manapun.

“Jika ingin mensosialisasikan silahkan saja, akan tetapi tidak menyangkut pautkan KPU Balikpapan. Sekali lagi saya tegaskan KPU posisinya netral, tidak boleh mengajak, menggiring masyarakat untuk memilih Paslon maupun Kolom Kosong,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!