Digelar Layaknya Pemilu, Pemilihan Ketua OSIS SMP 1 Balikpapan Dihadiri KPU

0 253

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pasca me-launching Pilkada Balikpapan 2020 di Balikpapan Sport and Convention Centre (BSCC) Dome Balikpapan beberapa hari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terus melakukan sosialisasi dengan berbagai cara.

Salah satunya seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Balikpapan saat menggelar pemilihan Ketua OSIS, yang digelar layaknya pemilihan umum (Pemilu) di aula SMP Negeri 1 Balikpapan, Gunung Pasir, Balikpapan, Jum’at (11/10/2019) pagi.

Pada pemilihan Ketua OSIS yang diikuti 5 orang kandidat, mereka siap bertarung untuk meraih suara terbanyak. Kelimanya adalah Azwar Danu Pratama, Berliana Aprilia, Dimas Stevano E, Nabila Gadistia, dan Saraswati Ardianingrum. Kelimanya merupakan siswa kelas VIII.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Balikpapan Arintoko, sebelum ditetapkan 5 orang kandidat ada 8 orang yang maju. Mereka harus melalui seleksi yang ketat. Mulai seleksi akademik dan kemampuan berorganisasi yang telah diikuti.

“Sejauh mana keterlibatan mereka dalam mengikuti organisasi di sekolah. Dan ini melibatkan guru BK. Karena kan guru BK yang tahu latar belakang pengalamannya di berbagai kegiatan di sekolah,” ungkap Arintoko.

Setelah mengerucut menjadi 5 calon Ketua OSIS, pihak sekolah mengadakan debat terbuka. Kelimanya tampil memukau saat digelarnya debat terbuka itu. Dengan dihadiri oleh seluruh dewan guru dan semua siswa yang digelar di halaman sekolah.

“Saya juga salut dengan anak-anak itu. Kreatif dan inovatif. Mereka berani tampil dengan gagasan-gagasan serta ide yang luar biasa,” ujar Arintoko lagi.

Proses pemilihan Ketua OSIS ini tak hanya diikuti oleh seluruh siswa saja. Namun juga melibatkan seluruh dewan guru yang jumlahnya 55 guru termasuk kepala sekolah. Dengan jumlah pemilih 1.200 orang.

Pemilihan ini dimulai dengan pemilih pertama yaitu Kepala SMP Negeri 1 Balikpapan Arintoko diikuti oleh seluruh dewan guru. Layaknya Pemilu, Arintoko mengisi daftar hadir di KPPS, kemudian mengambil surat suara, mencoblos, memasukan surat suara ke kotak suara dan terakhir menandai jarinya dengan tinta sebagai tanda ia telah melakukan pencoblosan.

Acara pemilihan Ketua OSIS ini juga dihadiri Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim. Syahrul mengaku salut kepada SMP Negeri 1 ini. Sebab baru kali ini ada SMP yang mengadakan pemilihan Ketua OSIS dengan meminjam logistik milik KPU Kota Balikpapan serta melibatkan KPU dalam proses pemilihannya.

“Selama ini kan yang meminjam logistik, seperti bilik dan kotak suara itu kan siswa dari SMA dan SMK. Lah ini kan siswa SMP. Berarti ini adalah SMP pertama yang mengadakan pemilihan Ketua OSIS yang melibatkan KPU di dalamnya,” ujar Syahrul Karim. (***/Roni S)

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!