Cuaca Tak Menentu, Anggota DPRD Balikpapan Serukan Waspada Wabah DBD

0 36
DPRD Balikpapan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Balikpapan kini telah memasuki iklim yang tidak menentu, terkadang hujan, terkadang panas. tidak bisa diprediksi dan pada saat kondisi seperti ini rentan rawan penyakit.

Salah satu penyakit (wabah) yang membahayakan dan harus kita waspadai adalah Demam Berdarah Dengue (DBD), karena bisa berakibat fatal hingga korban meninggal dunia, apabila lambat memberikan tindakan.

DBD diakibatkan nyamuk Aedes Aegypti yang timbul akibat genangan-genangan air akibat musim yang tidak menentu, dan wabah yang diakibatkan oleh nyamuk ini sangat membahayakan apa bila lambat dalam menanganinya.

Hal ini mendapat perhatian khusus dari anggota Komisi lV DPRD Kota Balikpapan, M Hatta Umar.

“Wabah DBD mesti diantisipasi dengan cepat dengan caranya menggunakan Abate secara rutin, agar benih atau jentik nyamuk yang berkembang akan mati, serta harus meningkatkan kewaspadaan terutama selalu menjaga kebersihan lingkungan,” kata Hatta saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (26/2/2020)/

Dan yang terpenting, masih kata Hatta, selalu menghubungi instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan Kota untuk mengambil langkah menghambat penyebaran DBD itu agar tidak ada yang terkena wabah tersebut.

Menurutnya, peran menjaga kebersihan Kota Balikpapan harus ditingkatkan oleh semua lapisan masyarakat Kota Balikpapan,  untuk selalu menjaga kebersihan dalam keluarga dan menjaga air harus tetap bersih dan aman dari jentik-jentik nyamuk. Perangkat RT pun harus rutin membagikan Abate sebulan sekali kepada masyarakat, bahkan selalu mengecek untuk penaburan bubuk Abate di penampungan air setiap rumah warga agar jentik mati.

”Bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota, namun juga menjadi kepedulian kita semua. Masyarakat juga harus bersama jaga keluarga dari wabah DBD,” imbuh Hatta.

Iapun menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agara tetap bersih dan nyaman, aman dari nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebarkan penyakit DBD yang sangat berbahaya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!