Covid-19 Masih Mengancam, Taman Samarendah Perlahan Menggeliat

Suyoto : Banyak Warga Mulai Berolahraga

0 959

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjelang fase tahap Ke- 3 yang jatuh pada 1 Juli mendatang, aktivitas warga Kota Samarinda kini berangsur berjalan normal, warga seperti sudah melupakan jika pandemi Covid-19 masih tetap mengancam.

Salah satunya saat ini lokasi yang menjadi favorit warga Kota Samarinda adalah Taman Samarendah, sebelum Covid-19 mewabah taman tersebut telah diresmikan dan sangat ramai dikunjungi warga terutama saat akhir pekan, baik berolah raga maupun bersantai menikmati keindahan taman dan Patung Kuda yang megah.

Namun, pada saat Covid-19 melanda Kota Tepian, pembatasan aktivitas dengan protokol kesehatan seperti physical distancing taman ini seperti mati suri karena sepi pengunjung. Hal itu diutarakan Suyoto (45), petugas kebersihan taman.

“Sudah dua bulan lebih taman ini sepi pengunjung, kalaupun ada paling sore hari. Itupun hanya satu dua orang saja,” jelas Suyoto, Rabu (24/6/2020).

Kini, menjelang fase relaksasi tahap 3, pengunjung mulai meningkat secara drastis. Kebanyakan warga sudah mulai memanfaatkan lagi fasilitas taman, seperti olahraga atau hanya sekedar duduk bersantai.

Dari pantauan DETAKKaltim.Com dalam beberapa pekan ini, sungguh disayangkan warga yang beraktivitas di sekitar taman masih ada saja yang tak menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya penggunaan masker yang sangat dianjurkan sebagai bentuk kewaspadaan dini penularan virus Covid – 19.

“Sudah dua hari ini banyak warga mulai berolahraga di taman ini, ya mungkin sudah merasa aman makanya tidak terlalu khawatir lagi dengan Virus Corona, dan saya perhatikan ada yang tidak menggunakan masker. Apa mereka itu nggak takut tertular ya,” tanya Suyoto.

Sementara salah seorang pengunjung bernama Irwandi (30) sangat menyayangkan masih ada saja warga yang datang ke taman tidak menggunakan masker, padahal pemerintah sudah mewajibkan khususnya saat beraktivitas di luar rumah.

Terlepas dari itu, ia menyayangkan akan kurangnya pengawasan Pemerintah Kota Samarinda dalam mendisiplinkan warga tentang pentingnya protokol kesehatan.

“Harusnya d intensifkan kembali penjagaan di sekitar taman. Kalau perlu petugas melarang siapapun masuk ke taman jika tidak menggunakan masker, ini kan untuk kepentingan bersama juga,” harap Irwandi.

Hingga hari ini tercatat 65 kasus Covid-19 dinyatakan positif di Samarinda, 55 di antaranya telah sembuh, 1 meninggal dan 9 dalam perawatan. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 77 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!