Cegah Penyebaran Virus Corona, PMI Semprot BKMOM Kaltim Disinfektan

0 207

DETAKkaltim.Com, SAMARINDA : Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid – 19 yang telah memasuki di wilayah Indonesia, berbagai tempat khususnya di Kota Samarinda mulai melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (18/03/2020).

Salah satunya penyemprotan sterilisasi dilakukan di Gedung UPTD Balai Kesehatan Mata dan Olahraga Masyarakat Provinsi Kalimantan Timur (BKMOM), yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Samarinda Kota, oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kaltim.

Menggunakan larutan bahan kimia yang mampu membasmi kuman penyakit yang kemudian dinamai disinfektan, anggota PMI menyusuri ruang ke ruangan lain di bangunan BKMOM tersebut, dan tak luput petugas juga menyemprotkan peralat – peralatan yang biasa di gunakan oleh BKMOM.

“Ini adalah bentuk pencegahan awal, sementara penyemprotan ini kami lakukan sesuai permintaan dari masing – masing kantor karena banyak permintaan kita bantu. Namun awalnya kami semprot gedung kami sendiri, dan berjalan mulai kemarin dangan dibagi menjadi dua tim,” jelas Wahyu Dwi Cahyu, Petugas PMI Kaltim.

Dari pihak BKMOM bersyukur dengan adanya penyemprotan sterilisasi dalam bentuk pencegahan awal, dimana sebagai tempat pelayanan masyarakat. Namun demikian adanya Covid – 19 yang telah masuk ke wilayah Indonesia juga berpengaruh dalam pelayanan tersebut, terutama dalam beberapa minggu belakangan ini.

“Saat ini usaha kita agar bakteri itu penyebarannya bisa ditahan, kita lakukan edukasi penggunan APD petugas, penyediaan sanitezer buat pengunjung. Sejauh ini pelayanan tetap berjalan namun agak sedikit sepi karena kita tahu anjuran pemerintah sosial distancing, ya mungkin kondisinya masih bisa ditahan atau diobatin sendiri itu yang membuat orang tidak langsung datang,” jelas Umi Muliasari, Koordinator Perawat.

Kedua intansi tersebut berharap penyebaran Covid – 19 dapat segera berakhir, terlebih saat ini hari demi hari khususnya di Indonesia pasien Positif Covid – 19 terus bertambah. (DK.com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!