Calon Independen Abdi Tuntut Rapat Pleno KPU Kutim Dibatalkan

Rusmiati : Banyak Pendukung Kami Yang Tak Diverifikasi

0 138

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Massa pendukung pasangan calon (Paslon) independen Bupati dan Wakil Bupati Abdal Nanang- Rusmiati memadati sepanjang Jalan AW Syahrani untuk melakukan aksi menuntut rapat pleno dihentikan.

Mereka menuntut pleno dibatalkan dengan alasan proses verifikasi faktual belum selesai, dan dengan alasan masih banyak warga pendukung Paslon tersebut belum didata.

Rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan KPU Kutim, digelar di Hotel Royal Victoria, Selasa (21/7/2020).

“Bahkan istri saya, anak-anak saya, dan keluarga saya lainnya tidak masuk dalam pendataan. Kemudian dicoret, inikan bukti nyata kalau KPU kerjanya nggak beres,” kata Abdal Nanang usai menenangkan massanya.

Senada, Rusmiati sebagai pasangan calon Wakil Bupati meminta agar pleno dilakukan setelah semua warga yang ada dalam verifikasi faktual, yang diajukan Paslon selesai semua 100 persen.

“Baru saat ini calon independen rasanya dipersulit, ada istilah TMS (Tidak Memenuhi Syarat), bagi warga atau pendukung yang tidak diadakan, ini bukan tidak ada tapi seperti ditiadakan, kalau tidak ketemu harusnya dicari,” ujarnya.

Rusmiati menyebutkan jika KPU tidak melakukan verifikasi ulang, maka pasangannya tak akan menandatangani hasil rapat pleno.

“Oh ini jelas sangat merugikan, banyak pendukung kami yang tak diverifikasi dan ini masuk TMS dan kalau ini tak dilakukan verifikasi ulang maka kami tak akan menandatangani hasil pleno ini, pleno saja sendiri, kalau perlu kami bisa membawa ke jalur hukum karena kami merasa dirugikan,” tegasnya.

Semua yang diungkapkan Paslon, menurut Ulfa akan menjadi catatan tersendiri bagi KPU Kutim. Namun untuk pelaksanaan pleno harus tetap jalan, karena sesuai dengan aturan dalam PKPU yang ada.

Baca juga : KPU Kutim Mulai Gelar Coklit Pilkada 2020

Dari pantauan media ini, rapat pleno dipimpin Ketua KPU Kutim Ulfa Jamiatul Farida serta para komisioner, dihadiri pasangan calon perseorangan, Abdal Nanang dan Rusmiati (Abdi), serta jajaran FKPD.

Sementara di luar lokasi pelaksanaan pleno, yakni Hotel Royal Victoria, massa Abdi memadati Posko relawan yang berseberangan dengan lokasi. Hingga meluber ke Jalan AW Syahrani depan Hotel Victoria Sangatta. (DK. Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!