BPKAD Bontang Gelar Bimtek PPK dan Bendahara

0 39

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Bimbingan Teknis bagi para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan seluruh Bendahara OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang. Bimtek akan digelar di Malang selama 4 hari, terhitung pada tanggal 9-12 Maret 2020.

Kepala BPKAD Bontang Amiluddin mengatakan, dalam rangka meningkatkan SDM bagi aparatur Pemkot Bontang maka seluruh Bendahara dan PPK akan diberikan Bimtek.

“Kami berupaya sebisa mungkin untuk menyamakan persepsi dalam hal penganggaran, agar saat pemeriksaan BPK tak ada lagi kesalahan,” terang Amiluddin saat ditemui di kantornya, Jum’at (6/3/2020).

Hal tersebut digelar, kata Amiluddin, lantaran saat pemeriksaan BPK beberapa waktu lalu banyak PPK yang ditegur BPK. Dimana, kesalahan di setiap OPD dilakukan secara berulang-ulang setiap tahunnya. Padahal, itu sudah menjadi pekerjaan rutin tahunan bagi pemerintah.

“Misalnya penganggaran pembangunan gedung kelurahan maka harus dibedakan dengan penganggaran mebelernya, tak bisa disatukan,” ujarnya.

Selama ini, banyak OPD yang menganggarkan pembangunan fisik sudah include dengan pembelian barang. Dan hal itu menjadi konsen BPK saat melakukan audit.

“Mulai dari perencanaan anggaran harus sudah tak ada kesalahan agar tak jadi temuan lagi,” imbuh Amiluddin.

Apalagi, masih kata Amiluddin, BPKAD Bontang menargetkan laporan keuangan tahun 2020 yang akan dilaporkan 2021 mendatang bisa dilakukan di awal yakni bulan Januari.

“Target kami 17 Januari 2021 nanti kami sudah sampaikan laporan keuangan daerah. Semoga terjadi suatu persepsi yang sama saat melakukan penganggaran, supaya tak lagi dianggap BPK sebagai pelaku kesalahan berulang,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!