Awasi Penggunaan Dana BOS, Terobosan Kemendikbud Diapresiasi Anggota Legislatif

0 55
DPRD Balikpapan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Adanya wacana kebijakan baru yang akan dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim, terkait transparansi dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) yang mengharuskan setiap sekolah memajang semua laporan penggunaan dana BOS agar diketahui orang tua siswa mendapatkan respon anggota DPRD Balikpapan.

“Kebijakan transparansi dana BOS yang dikeluarkan Kemendikbud, pendapat saya sangat bagus, jadi semua elemen bisa mengetahui jumlah dan penggnaan dana BOS seperti apa,” kata Parlindungan Sihotang, yang duduk di Komisi IV membidangi Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Masyarakat, Rabu (19/2/2020).

“Dari keterbukaan informasi tersebut, masyarakat dapat melihat dana BOS digunakan untuk apa aja, entah itu untuk operasional guru, siswa, maupun hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah,” imbuhnya.

Menurut Parlindungan, kebijakan yang dikeluarkan merupakan terobosan yang sangat berani antara Kemendikbud dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam hal keterbukaan dana BOS.

Parlin juga menambahkan, dengan kebijakan yang dikeluarkan tentunya akan memberikan dampak positif dalam penggunaan dana BOS, mengingat selama ini masyarakat tidak mengetahui seperti apa penggunaan dana BOS tersebut.

Jika memang akan diterapkan kebijakan ini nantinya, masih kata Parlindungan, tentu saja keterbukaan informasi penggunaan dana BOS akan lebih transparan, bukan cuma hanya diketahui oleh Sekolah dan Dinas Pendidikan saja dalam penggunaan dan BOSnya, akan tetapi masyarakat dapat mengetahui semua penggunaan dana BOS yang ada di setiap sekolah. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!