Armada Baru, Disdamkar Samarinda Uji Coba Unit Doubel Cabin

Syahrul : Untuk Mengoperasikannya Tidak Ada Masalah

0 511
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas kebakaran Kota Samarinda menggelar acara uji coba unit baru truk Pemadam Kebakaran (Damkar) di Folder Air Hitam, Jalan Abdul Wahab Sjahranie , Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jum’at (4/12/2020).

Syahrul selaku Subbag Program dan Keuangan Dinas Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda mengatakan, unit truk pemadam kebakaran yang dipesan baru tiba, dan setibanya langsung dilakukan uji coba pada hari ini. Dalam pengoperasiannya diketahui tidak ada kendala dari anggota Dinas Damkar, karena sudah cukup familiar dengan pengaplikasian unit pompa di truk tersebut.

“Untuk mengoperasikannya tidak ada masalah sama sekali, anggota juga sudah banyak mengerti dalam mengoperasikannya. Karena kita dulu mempunyai unit yang sekarang sudah tua itu, pompanya dari Amerika juga jadi kurang lebih saja. Hanya saja sistemnya saja yang agak berbeda,” ucapnya kepada DETAKKaltim.Com.

Unit yang dipamerkan dalam acara tersebut diketahui memiliki pompa air yang berkualitas baik, Syahrul menjelaskan bahwa tenaga yang dihasilkan dari pompa air memiliki daya semprot yang jauh lebih besar dari unit pompa lainnya.

Unit pompa buatan Negara Amerika tersebut diaplikasikan di dalam truk Hino Ranger FG 235 JJ berjenis double cabin, truk dengan kabin ganda dipilih karena diharuskannya semua anggota pemadam berada di dalam truk ketika menuju tempat dilaporkannya kebakaran, atau hal yang berkaitan dengan penyelamatan.

Baca juga : Celni Sorot APBD Samarinda, Rp2,575 T Vs Hasil Musrembang Rp10 T

“Sekarang dengan mobil-mobil yang baru ini semua mobil harus double cabin, karena semua anggota atau pasukan harus ada di dalam mobil. Kalau mobil-mobil dulu biasanya belum double cabin jadi pasukan anggota ada yang bergantungan di luar mobil, sehingga kalau ada kecelakaan resikonya sangat tinggi,” lanjutnya.

Diketahui, unit truk baru tersebut adalah bantuan anggaran yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi. Peremajaan unit ini sebelumnya sudah diajukan ke Pemerintah Kota Samarinda oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda. Namun, karena anggaran yang terbatas, peremajaan sempat dibatalkan untuk penanggulangan pandemi Covid-19. Pihak Disdamkar Kota Samarinda berharap bisa mendapatkan unit truk Damkar tambahan, karena unit yang beroperasi sekarang sudah cukup tua. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!