Antisipasi Virus Corona, KKP Sangatta Perketat Keluar Masuknya Kapal

0 204

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ) Wilayah Kerja Sangatta, Isnadon Shokeh mengatakan, pengawasan pada pintu masuk ke Kutai Timur dari wilayah laut diawasi secara ketat dan terpadu oleh pihak KKP Wilayah Kerja Sangatta. Terlebih saat ancaman pandemi Virus Corona menjadi perhatian besar seluruh pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat.

Dijelaskan Isnadon, KKP Wilayah Kerja Sangatta memiliki fungsi cegah tangkal penyakit, pengendalian resiko lingkungan, pelayanan vaksinasi maningitis. Di Kutim KKP ada di Sangatta tepatnya di Pelabuhan Tanjung Bara dan wilayah Sangkulirang.

Ia mengatakan, pihaknya terus memantau tiap-tiap kapal yang baru saja melakukan pelayaran internasional dan bersandar di perairan Kutim.

“KKP setiap saat melakukan tugas dan fungsinya untuk cegah tangkal dan pemeriksaan penyakit,” terangnya kepada media ini, Kamis (19/3/2020)

Personel berjumlah 5 orang terdiri dari dokter, petugas medis, petugas kesehatan masyarakat, serta beberapa petugas kesehatan lingkungan. Adanya pandemi Corona, membuat pemeriksaan lebih intens dan terperinci makin jadi prioritas KKP Sangatta.

Isnadon Shokeh menyebutkan, bahwa pintu masuk dari laut ke Sangatta, ada di pelabuhan Tanjung Bara. Sebelum kapal-kapal sandar dan melakukan aktifitas apapun, pihaknya melakukan screanning terkait penyakit-penyakit menular, salah-satunya Covid 19.

“Sebelum adanya penyakit ini, kami telah melakukan tugas dan fungsi untuk cegah tangkal dan pemeriksaan penyakit lainnya,” ungkapnya.

Setiap bulannya kapal-kapal masuk di Tanjung Bara berjumlah 50 – 60 buah kapal. Jika rata-rata dihitung ada 2 kapal per harinya di Kutim. Waktu pemeriksaan untuk 1 buah kapal oleh KKP Sangatta 2-3 jam. Dimana pemeriksaan dilakukan pada kru kapal, makanan dan air minum, hingga kondisi lingkungannya.

KKP Sangatta sendiri dalam menyikapi pandemic Corona yang menjadi ancaman di tiap-tiap negara, mengedepankan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, mulai dari masker, baju, sarung tangan, kaca mata, hingga sepatu APD.

“Jika ada seseorang yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat, maka akan dicurigai memiliki penyakit-penyakit tertentu,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : RH

Edtitor  : Lukman

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!