Anggota Fraksi PDIP DPRD Kaltim Setuju Perubahan Nama Raperda Kesenian

Ely : Ini Melalui Keputusan dari Pusat

0 132

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Ely Hartati Rasyid, Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim menegaskan pihaknya mendukung perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kesenian Daerah Kaltim menjadi Raperda Kebudayaan Kaltim.

“Ini melalui keputusan dari pusat, karena ada beberapa bagian dari kearifan lokal juga yang akan dimasukkan nantinya,” terang Ely, Kamis (13/10/2022).

Berubahnya nama Raperda Kesenian menjadi Raperda Kebudayaan Kaltim, kata Ely, sebetulnya tidak berpengaruh banyak terhadap isi keseluruhan dari draft Raperda yang sebelumnya.

Hanya saja akan ada penambahan terkait kebudayaan di Kaltim yakni kebudayaan pesisir, keraton dan pedalaman. Secara keseluruhannya tidak ada perubahan, melainkan hanya perubahan literasi. Kesenian itu bagian dari kebudayaan dan kedepannya skupnya akan menjadi luas,” kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Dari perubahan nama Ranperda itu, lanjut anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut, Pansus akan meminta tambahan masa kerja untuk penyempurnaannya.

Baca Juga :

“Pansus akan meminta tambahan waktu hingga tiga bulan, terlebih dengan adanya penambahan sub pada isian draft Raperda tersebut,” ungkap Ely.

Bukan hanya itu, lanjut Ely yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara, Pansus akan menambahkan skup agar menjadi luas sehingga dalam waktu tiga bulan yang diberikan, Pansus akan mengatur mekanismenya.

Sebelumnya, Ketua Pansus Raperda Kesenian Daerah Kaltim Sarkowi V Zahry menjelaskan, perubahan terjadi karena ada permintaan langsung dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian dalam Negeri (Kemendagri).  Mengingat terdapat beberapa bagian dari kearifan lokal (Bumi Etam), yang masih harus dimasukan dalam draf untuk nantinya disahkan menjadi Perda. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/LVL

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!