Anggota DPRD Samarinda Sentil Penggunaan Dana Covid-19

Laila : Fungsi Pengawasan DPRD Tak Berfungsi

0 137
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, lalu Anggaran, kewenangan dalam penganggaran daerah (APBD), kemudian fungsi Pengawasan, yakni Kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan Pemerintah Daerah.

Namun sayang  dalam hal dana anggaran penanganan Covid-19, DPRD tidak dapat menggunakan fungsinya bagi pengawasan penggunaan anggaran Covid -19  tersebut.

Hal ini seperti yang diakui oleh Laila Fatihah,  anggota Komisi 2 Bidang Ekonomi dan Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Rabu (25/11/2020).

“Untuk dana Covid-19 maka bisa ditanya ke Sekda (Sekretaris Daerah) berapa yang sudah terpakai, karena Pemerintah Kota (Pemkot) yang menggunakan  dana Covid-19,” ujar Laila memberikan tanggapannya terkait anggaran Covid-19 Kota Samarinda saat ditemui di ruangannya.

Laila memberikan alasan mengapa DPRD tidak tahu berapa rincian anggaran Covid-19 yang telah digunakan oleh Pemkot, yang berasal dari pemangkasan APBD murni Kota Samarinda tahun 2020 tersebut.

“Mereka (Pemkot) kan tak mau berkomunikasi dengan DPRD untuk anggaran Covid–19 tersebut,“ kata Laila.

Tak berkomunikasi dengan DPRD untuk dana anggaran Covid-19 tersebut, menurut Laila, adalah karena penggunaan dana Covid-19 ini tidak bisa diperiksa.

Baca juga : Laila : Legislatif dan Eksekutif Itu Mitra, Bukan Untuk Saling Tepuk Dada

“Mereka merasa aman karena tak akan diperiksa, boleh menggunakan Covid-19 selama tidak ada laporan dari masyarakat, sehingga kami DPRD sebagai pengawas tidak berfungsi untuk mengawasi penggunaan dana anggaran Covid-19,“ bebernya.

Laila melanjutkan, untuk anggaran Covid-19 Tupoksi Pengawasan Legislatif tidak berfungsi.

“Penggunaan anggaran Covid-19 baru bisa diperiksa jika ada laporan dari masyarakat, barulah  Kejaksaan yang akan menindak. Kami tak berhak untuk memanggil  Pemkot terkait penggunaan dana Covid-19, “ pungkas Laila. (DK.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!