Anggota DPRD Kaltim Agil Sosialisasi Bantuan Hukum di Kutim

Agil : Mereka Merasa Sangat Terbantu

0 106

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Agil Suwarno menyampaikan Perda 5/2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, saat menggelar sosialisasi Peraturan daerah di Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Dalam acara yang dihadiri tokoh masyarakat dan pemuda Sangatta Utara itu, anggota DPRD Kaltim yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Kutai Timur ini menghadirkan narasumber advokat untuk menjelaskan dari sisi hukum.

Menurut Agil, selama ini banyak masyarakat prasejahtera kebingungan saat berurusan dengan hukum. Masyarakat tidak tahu harus mengadu atau meminta bantuan kemana.

“Sebenarnya Perda 5/2019 sudah mengatur soal ini. Bantuannya lewat lembaga bantuan hukum (LBH) yang bekerja sama dengan Pemprov Kaltim. Nah, ini yang kami sosialisasikan,” jelas Agil, Senin (24/5/2021).

Artinya, lanjut politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, saat ini tinggal bagaimana mengkomunikasikan hal tersebut dengan Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kaltim, agar segera menerbitkan Peraturan Gubernur mengenai aturan teknis cara bekerja sama antara Pemprov Kaltim dan LBH di tiap Kabupaten/Kota.

Berita terkait : Anggota DPRD Kaltim Sosialisasi Perda Bantuan Hukum

Selama proses sosialisasi, anggota DPRD Kaltim Agil mengatakan respon masyarakat sangat baik dan antusias menyimak setiap materi yang diberikan.

“Mereka merasa sangat terbantu dengan sosialisasi yang kami sampaikan, karena mereka juga baru tahu kalau ada Perda seperti ini.” urai Agil.

Sosialisai Perda tentang bantuan hukum secara gratis bagi warga tidak mampu ini juga digelar para anggota DPRD Kaltim dari PDI Perjuangan di berbagai tempat, seperti di Samarinda Ananda Emira Moeis, Muhammad Samsun di Kutai Kartanegara, dan Romadhony Putra Pratama juga di Samarinda. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!