Anggota DPRD Balikpapan Ingatkan Ancaman DBD Selain Covid-19

0 128

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Indonesia kini tengah dilanda Corona Virus Diseasi 19 (Covid -19), termasuk Kota Balikpapan ini, sehingga membuat perhatian publik terpusat pada wabah ini. Namun jangan lupa, Kota Balikpapan juga dihadapkan dengan penyakit Demam Berdarah Dengue(DBD).

Hal itu disampaikan Fadlianoor, anggota DPRD Kota Balikpapan yang tergabung dalam Komisi IV. DBD, kata dia, merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk species Aedes Aegypti dan pada tingkat lebih rendah, Ae. Albopictus.

Sama seperti Corona, DBD juga memiliki gejala flu dan demam. Demam berdarah apabila didiamkan, maka bukan tidak mungkin penyakit ini memiliki resiko kematian yang sangat tinggi.

Fadlianoor menghimbau untuk warga masyarakat Kota Balikpapan agar jangan panik dalam menghadapi isu penyebaran Infeksi Corona Virus Diseasi 19 (Covid -19).

“Namun tetap waspada. Selain itu ada hal yang harus diingat juga, bahwa kita harus menjaga ancaman DBD yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota Balikpapan,” kata Fadlianoor, Rabu (18/3/2020).

Iapun menegaskan untuk fokus juga terhadap wabah penyakit  DBD, jangan terpusat hanya pada Virus Corona saja. Namun harus juga mewaspadai wabah DBD ini.

“Saya juga meminta kepada Pemerintah Kota Balikpapan dan dinas terkait agar dapat sesegera mungkin melakukan penyemprotan Desinfektan ke semua sekolahan secara bersamaan, dan serentak guna pencegahan Virus Corona dan DBD. Mumpung sekolah diliburkan selama 14 hari terkait isu penyebaran Virus Corona,” kata Fadli.

Iapun mengajak semua warga untuk bersama-sama menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat, serta menjaga kebersihan lingkungan untuk pencegahan segala penyakit. Di antaranya Virus Corona dan wabah Demam Berdarah Dengue. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!