Akrab Warga, Satgas Pamtas RI-Malaysia Terima Penyerahan Senjata

0 104

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long Kodam VI/Mulawarman, kembali mengamankan satu pucuk senjata rakitan jenis penabur di Desa Salang, RT  01, Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan, Kaltara, Kamis (6/4/2017).

Kembali diserahkannya satu pucuk senjata rakitan jenis penabur, berawal dari kedekatan antara warga dengan prajurit Satgas Yonif 611/Awang Long. Sejak bulan Januari 2017 Satgas Yonif 611/Awang Long menempati Pos Salang, ada beberapa warga masyarakat mendatangi pos guna menawarkan bantuan berupa sayur mayur dan bumbu dapur.

“Dari beberapa orang warga yang datang ke Pos Salang, terdapat salah seorang warga bernama Hasanuddin Bagio berkenalan dengan anggota Pos Salang. Sehingga timbul keakraban dan komunikasi yang baik,” ungkap Dansatgas Yonif 611/Awang Long, Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto.

Dari perkenalan tersebut, sebut Letkol Inf Sigid, hampir setiap minggu anggota Pos Salang melaksanakan anjangsana ke rumahnya dan anggota Pos juga sering membantu Hasanuddin Bagio berkebun dan memanen hasil kebunnya. sehingga anggota Pos Salang sudah menganggap sebagai saudaranya.

Kamis 6 April 2017, Pukul 07:30 Wita, Danpos Letda Inf Mohammad Iqbal Firdaus mengajak anggota Pos Salang untuk melaksanakan anjangsana ke rumah Hasanuddin lagi, setelah tiba Danpos dan anggota berbincang-bincang santai.

Setelah berbincang-bincang cukup lama, dengan rasa takut Hasanuddin Bagio menyampaikan bahwa ia masih ada menyimpan senjata rakitan jenis penabur. Selama ini dipenuhi rasa takut dan was-was karena menyimpan senjata penabur yang tidak pernah lagi digunakan. Danpos meyakinkannya bahwa senjata miliknya lebih baik diamankan oleh anggota Satgas. Karena apabila salah dipergunakan maka bisa merugikan banyak orang.

Danpos juga menyakinkannya tidak akan tersangkut masalah hukum apabila menyerahkan senjata tersebut dengan suka rela. Pada saat itu juga karena merasa yakin, Hasanuddin bersedia menunjukkan tempat penyimpanan senjata tersebut di rumah kebunnya.

Berita terkait : Bantu Berobat, Warga Serahkan Senjata ke Satgas Pamtas RI-Malaysia

Sesampainya di kebun, langsung naik ke bagian langit-langit rumah kebunnya. Kemudian diambil 1 pucuk senjata rakitan laras panjang jenis penabur.  Setelah diambil, senjata tersebut diserahkan kepada Danpos Salang.

“Bahwa kegiatan Binter terbatas dan penggalangan oleh anggota Satgas Pamtas terhadap warga, yakni dengan silaturrahmi yang baik dan memberikan bantuan bantuan kepada warga. Terciptanya keakraban dan rasa kekeluargaan sehingga warga dapat menyerahkan dengan suka rela satu pucuk senjata rakitan jenis penabur kepada Danpos Salang,” tandas Dansatgas. (Penrem 091/ASN/LVL)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!