3 Tewas 1 Hilang dan 5 Luka, Banjir Bandang Terjang Subang

0 58

DETAKKaltim.Com, JAWA BARAT : Hujan berintensitas tinggi telah menyebabkan banjir bandang  di Kampung Suka Mukti RT 01/01, Desa Suka Kertu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat pada Minggu (22/5/2016) Pukul 21:00 WIB.

“Hujan deras menyebabkan longsor di tiga titik yang menimbun dan menghalangi arus sungai sehingga debit sungai meluap,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melalui rilis Persnya yang diterima redaksi DETAKKaltim.Com malam ini, Senin (23/5/2016) Pukul 18:30 WITA.

Dijelaskan, banjir bandang menerjang pemukiman yang ada sehingga 3 orang meninggal dunia, 1 orang hilang, dan 5 orang luka berat. Banjir bandang juga menyebabkan satu rumah hancur dan 16 rumah rusak berat.

Tiga orang meninggal dunia masing-masing Parmi (50), Mae (17), dan Nabila (7 bulan). Sedangkan 5 orang luka berat adalah Anen (55), Makmur (47), Musa (52), Raja (14), dan Rizal (10).

Hingga saat ini satu orang korban yang belum ditemukan atas nama Angga (4).

Upaya penanganan yang dilakukan Satlak PB Kabupaten Subang dibantu pihak TNI, Polri, PMI, Tagana, Relawan, masyarakat antara lain melakukan evakuasi korban selamat ke rumah-rumah saudara terdekat dan korban luka dibawa ke Puskesmas terdekat.

“BPBD Provinsi Jabar sedang mempersiapkan logistik tambahan bagi para korban dan Satgas untuk diluncurkan ke lokasi,” imbuh Sutopo.

Sementara Tim Reaksi Cepat BNPB sudah berada di lokasi memberikan pendampingan Pemda Subang dan BPBD Provinsi Jawa Barat, yang saat ini masih melakukan pencarian korban yang belum diketemukan. Kabupaten Subang sendiri hingga saat ini belum membentuk BPBD.

“Untuk korban meninggal sudah dimakamkan,” tandas Sutopo. (LVL/***)

 

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!