2017, PPU Target Tanam 3 Ribu Hektar Jagung Pipil

0 98

DETAKKaltim.Com, PPU : Jagung merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Kebutuhan Jagung Pipil didominasi untuk pakan ternak, dan meningkatnya permintaan komoditas Jagung Pipil di pasar membuka peluang baru bagi  petani.

Untuk tahun 2016, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di empat kecamatan merencanakan 1.000 hektar tanaman Jagung, dan ditahun 2017 nanti akan ditambah menjadi 3.000 hektar lagi.

Hal  ini disampaikan Bambang Marjuki, Kabid Tanaman Pangan PPU, Kamis (24/11/2016) kepada Wartawan DETAKKaltim.Com saat ditemui di ruang kerjanya.

“Bantuan benih Jagung mendapat anggaran dari pusat, dengan target memperluas tanaman Jagung,” ujarnya.

Menurutnya, untuk hasil produksi satu hektar dengan benih 15 Kg kalau dikelola dengan baik, hasilnya bisa mencapai sampai 7 ton. Dan potensi pasar untuk komoditi Jagung Pipil mempunyai peluang pasar yang sangat bagus.

“Jadi petani enggak perlu khawatir,” kata Bambang.

Ditambahkannya, selain biji Jagung 15 Kg per hektar, petani juga mendapat bantuan pupuk.

Ada pertanyaan petani tentang bantuan mesin pemipil Jagung, menurutnya, Dinas Pertanian PPU hanya fokus pada kegiatan produksi saja. Dia berharap di 2017 Kalimantan Timur bisa swasembada Jagung ujarnya. (Amran)

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!