Pemdes Batuah Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa      

Asmi : Harus Selaras Dengan Program Kukar Idaman

0 182

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka menyusun serta menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun Anggaran 2023, di tempat wisata Emas Tri Jalan Poros Soekarno-Hatta, Km 17, Rabu (23/8/2022). 

Dalam acara tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Kepala Bidang Kelembagaan Asmi Riyandi Elvandar mengatakan, sebuah perencanaa di Desa itu tidak semata-mata dipikirkan oleh Kepala Desa akan tetapi dipikirkan oleh Masyarakat Desa.

“Jadi Perencanaan di Desa harus selaras dengan Program Dedikasi Bupati Kutai Kartanegara yaitu program Kukar Idaman,” kata Asmi.

Asmi kemudian menyebutkan, salah satu Program Dedikasi Bupati Kukar yaitu Program Rp50 Juta Per-RT. Tahun ini sudah dicairkan untuk tahap Pertama 50 persen atau Rp25 Juta. Peruntukannya untuk pembelian kendaraan bermotor bagi RT serta kegiatan lainnya berbasis RT.

Baca Juga :

“Untuk pembelian kendaraan bermotor bagi RT dinilai sangat penting, untuk menunjang kinerja Ketua RT sebagai ujung tombak Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” jelas Asmi

Ke depan Asmi berharap dengan Program Rp50 Juta Per RT dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas bagi RT, terutama dalam input data bagi warga yang baru lahir hingga warga yang meninggal dalam aplikasi Idaman.

“Tujuannya agar data warga Kukar satu pintu, nantinya lebih mudah untuk mengaksesnya secara online.” Tandas Asmi.

Sementara itu, Camat loa Janan Muhaji berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa di Desa yang merupakan sala satu Desa dari 5 Desa di Kecamatan Loa Janan yang masuk wilayah IKN, agar dalam perencanaan pembangunan mengedepankan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Ke depan sangat dibutuhkan SDM yang berkualitas dalam menyongsong IKN,” kata Muhaji.

Dikesempatan lain, Kepala Desa Batuah Abd Rasyid mengatakan, untuk perencanaan Pembangunan Tahun Anggaran 2023 ada 3 prioritas utama yaitu, Pembangunan di Bidang Pendidikan, Pembangunan di Bidang Kesehatan, serta Penyediaan Air Bersih untuk warga Desa Batuah.

“Karena saat ini, di Desa Batuah belum tersedia layanan Air Bersih.” ungkap Rasyid menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!