Komisioner KPU Kaltim Monitor Penetapan DPT Pilkada Kukar

Jumlah DPT 552.469

0 96

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kegiatan tersebut dihelat di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Kamis (19/9/2024) siang. 

Kegiatan Rapat Pleno Terbuka untuk rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebut turut dihadiri Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Suardi.

Sejumlah pihak terkait turut hadir, termasuk perwakilan Bakal Calon (Bacalon) Bupati-Wakil Bupati Kukar, dan Perwakilan Bawaslu Kukar, serta seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 20 Kecamatan se-Kabupaten Kukar.

Suardi menjelaskan, kehadirannya dalam kegiatan tersebut dalam rangka monitoring pelaksanaan rapat pleno terbuka tersebut, serta memberikan tanggapan positif terkait pelaksanaannya.

Ia mengakui bahwa semua proses berjalan dengan baik berkat koordinasi yang solid antara KPU Kukar, PPK, dan Bawaslu.

“Alhamdulillah, semuanya sudah ditindaklanjuti dengan baik, termasuk masukan dari Panwascam,” katanya.

Kegiatan monitoring ini, kata Suardi, merupakan bagian dari upaya KPU Kaltim untuk memastikan setiap tahapan Pemilu dilaksanakan secara akurat dan transparan.

Kami mengimbau kepada semua pihak, khususnya kepada pihak penyelenggara untuk terus menjaga sinergi demi tercapainya Pemilu yang bersih dan berintegritas dan berkualitas,” kata Suardi.

Baca Juga:

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Kukar dalam rapat pleno tersebut, sebanyak 552.469.

“552.469 DPT tersebut berasal dari 264.774 pemilih Perempuan, 287.725 Pemilih laki-laki, dari 237 Desa dan Kelurahan di Kukar dan 1.447 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucap Komisioner KPU Kukar Divisi Perencanaan Data dan Informasi Purnomo.

Menurut Purnomo, kegiatan tersebut menjadi tonggak sejarah pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang, ia juga menambahkan bahwa proses ini berjalan lancar dan telah menghasilkan Berita Acara yang sah untuk DPT Pilkada 2024.

Purnomo merasa bersyukur bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

“Kami bersyukur bahwa pelaksanaan kegiatan Rapat Pleno Terbuka untuk rekapitulasi DPSHP dan DPT dari 20 Kecamatan se-Kukar dan berjalan sesuai dengan jadwal. Setelah penetapan DPT, kami akan mengumumkan hasi pleno ini kepada masyarakat agar mereka dapat memeriksa data diri mereka.” kata Purnomo menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Adv.

Editor: Lukman

(Visited 7 times, 7 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!