Hari Disabilitas Internasional, KPU Balikpapan Raih Penghargaan

0 81

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Gubernur Provinsi Kalimantan Timur memberikan penghargaan kepada sejumlah lembaga dan perseorangan yang digelar di ruang Ruhuy Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (12/12/2019).

Penghargaan diberikan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2019. Hadir sejumlah lembaga pada acara ini, baik lembaga inkubator bisnis, lembaga independen, lembaga negara maupun lembaga pemerintah, sejumlah perusahaan dan hadir pula dari kategori perseorangan.

Gubernur Kaltim memberikan penghargaan kepada KPU Kota Balikpapan dalam kategori lembaga independen. Kemudian disusul dengan KPU Kota Samarinda dan KPU Kabupaten Mahakam Hulu. Di mana hanya ada 3 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Timur yang memperoleh penghargaan dalam katagori lembaga independen.

Alasan pemberian penghargaan kepada KPU Kota Balikpapan ini, dikarenakan sepanjang penyelenggaraan Pemilihan Umum, mulai dari Pemilihan Gubernur Kaltim Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kota Balikpapan menempatkan kaum disabilitas sebagai relawan demokrasi.

Keberadaan kaum disabilitas yang ada di Balikpapan itu menjadi perhatian serius bagi KPU Kota Balikpapan. Sehingga KPU Kota Balikpapan merangkul mereka untuk sama-sama menyukseskan jalannya Pemilihan Gubernur Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019.

“Relawan demokrasi itu kan ada beberapa basis. Di antaranya basis kaum perempuan, basis kaum pemilih pemula, basis pemuda, basis keluarga, basis komunitas, basis keagamaan, basis netizen, basis kebutuhan khusus, basis komunitas dan basis disabilitas,” ujar Noor Thoha, Ketua KPU Kota Balikpapan usai menerima penghargaan tersebut.

Menurutnya, basis disabilitas inilah salah satu basis relawan demokrasi yang paling intens bersama-sama KPU untuk melakukan sosialisasi, baik pada saat Pilgub Kaltim 2018 maupun Pemilu 2019. Kendati jumlah basis disabilitas ini tidak begitu banyak jumlahnya. Namun kepedulian KPU Kota Balikpapan terhadap mereka terbilang tinggi.

“Mungkin bisa saja ini salah satu penilaian dari Pemprov Kaltim untuk memberikan penghargaan kepada KPU Kota Balikpapan,” jelas Thoha.

Peringatan Hari Disabilitas International itu dihadari Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur HM Agus Hari Kesuma, yang mewakili Gubernur Kaltim, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah beserta komisionernya, Danrem 091 Aji Suryanata Kusuma Brigadir Jenderal TNI Widi Prasetijono, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Riviyanto S.IK serta sejumlah pejabat lainnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!