Ketua MA Pandu Pengucapan Sumpah Pimpinan MPR RI

Ketua MA Juga Pandu Pengucapan Sumpah Pimpinan DPR dan DPD RI

DETAKKaltim.Com, JAKARTA: Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Syarifuddin memandu pengucapan sumpah/janji jabatan, pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Kamis (3/10/2024).

Sebelumnya, Selasa (1/10/20240, Syarifuddin juga memandu pengucapan sumpah jabatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Rabu (2/10/2024) memandu pengucapan sumpah jabatan Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2024-2029.

Berdasarkan rilis yang diterima DETAKKaltim.Com dari Humas MA, Sabtu (5/10/2024), disebutkan acara pengambilan sumpah berlangsung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kegiatan ini berdasarkan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata tertib, Bab III Bagian Kesatu yang menyatakan bahwa Anggota mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu Ketua Mahkamah Agung dalam Rapat Paripurna.

Ketua Mahkamah Agung mengatakan bahwa sebelum memangku jabatan, sumpah/janji jabatan ini  wajib mereka ucapkan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut masing-masing.

Ketua Mahkamah Agung mengingatkan bahwa sumpah/janji yang diucapkan merupakan tekad untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, memegang teguh Pancasila, menegakkan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan RI tahun 1945, dan menjalanakan Peraturan Perundang-Undangan RI.

Dalam sumpah yang dipimpin Ketua MA, para pimpinan tersebut berjanji akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan senantiasa memenuhi aspirasi rakyat yang telah mempercayakan mandat kepada mereka.

Mereka juga berjanji mendahulukan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan.

Sumpah ini menegaskan komitmen mereka untuk menjaga integritas, serta menjunjung tinggi konstitusi dalam menjalankan amanah rakyat.

Pada kesempatan yang sama, mereka berjanji akan menjalankan kewajiban dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi di Indonesia.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata mereka mengikuti panduan Ketua MA.

Baca Juga:

Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat dan sakral ini, diakhiri dengan menandatangani Berita Acara Sumpah/Janji di hadapan Ketua Mahkamah Agung.

Prosesi tersebut menandakan bahwa pimpinan baru MPR, DPR, dan DPD resmi dilantik untuk memimpin lembaga tinggi negara selama 5 tahun ke depan.

Pelantikan ini juga menandai dimulainya masa kerja baru lembaga legislatif di Indonesia, yang akan berperan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis bagi bangsa dan negara hingga tahun 2029.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2024-2029 adalah Ahmad Muzani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2024-2029 adalah Puan Maharani. sedangkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dipimpin Sultan B Najamudin bersama tiga Wakil Ketua DPD RI, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis/Humas MA

Editor: Lukman

(Visited 4 times, 5 visits today)
Ketua MAMA Syarifuddin
Comments (0)
Add Comment