Rudy-Seno Akan Berdayakan Milenial Kembangkan Pertanian Kaltim

Seno: Memberikan Fasilitas Pertanian Yang Memadai

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pasangan calon nomor urut 2 di Pilgub Kalimantan Timur (Kaltim) Rudy Masud-Seno Aji, melalui program unggulannya, yakni “Gratispol!” memaksimalkan pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim.

Salah satu sasaran utama mereka adalah mengembangkan Sektor Pertanian, dengan memberdayakan Petani milenial.

Seno Aji, calon Wakil Gubernur dari pasangan ini, menjelaskan bahwa salah satu fokus program tersebut adalah pengelolaan lahan Pertanian yang masih kurang optimal.

“Di Kutai Kartanegara, dari total 18.000 hektar lahan yang ada, hanya 4.500 hektar yang telah dimanfaatkan,” ungkap Seno di Kantor DPD Partai Golkar Kaltim, Jalan Mulawarman, Senin (23/9/2024).

Seno menilai, masih banyak potensi yang bisa digali dari Sektor Pertanian di Kaltim dan menekankan perlunya intervensi untuk memperbaiki kondisi tersebut.

“Kami ingin menyelesaikan masalah ini secara menyeluruh, salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur Irigasi dan memberikan fasilitas Pertanian yang memadai,” tutur Seno Aji.

Baca Juga:

Menurut Seno, penyaluran bantuan seperti hand tractor untuk para Petani milenial akan mempercepat proses pengolahan lahan yang sebelumnya bisa memakan waktu berhari-hari.

Tak hanya sampai di situ, Rudy-Seno juga berencana memberikan dukungan akses pasar bagi para Petani milenial.

Hal ini dilakukan agar hasil panen mereka bisa terserap dengan baik, dan mereka tidak lagi kesulitan dalam menjual produk-produk Pertanian. Dengan kemudahan tersebut, diharapkan para Petani muda dapat berkembang menjadi “Petani Berdasi” yang memiliki keterampilan dan daya saing tinggi.

Program “Gratispol!” ini tak hanya tentang pembangunan infrastruktur, tetapi juga tentang menciptakan pola pikir baru di kalangan Petani.

Rudy-Seno ingin membangun citra, bahwa menjadi Petani adalah pilihan karier yang prospektif, terutama bagi generasi muda.

“Ini dilakukan untuk menarik lebih banyak pemuda agar terjun ke Sektor Pertanian, dan menciptakan ekosistem Pertanian modern yang berkelanjutan.” tutup Seno.

Melalui diskusi ini, pasangan Rudy-Seno menunjukkan bahwa mereka memahami betul tantangan di Sektor Pertanian Kaltim dan berkomitmen menawarkan solusi konkret. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor : Lukman

(Visited 7 times, 7 visits today)
Petani MilenialPilgub KaltimRudy Seno
Comments (0)
Add Comment