Ketua MA Buka Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pengadilan

Pelatihan Diikuti 120 Peserta

DETAKKaltim.Com, JAKARTA: Ketua Mahkamah Agung Prof Dr HM Syarifuddin SH MH membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Kepemimpinan bagi Pimpinan, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan, di Ballroom Grand Mercure Harmoni, Kamis (19/9/2024).

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengatakan kompetensi kepemimpinan di lingkungan Badan Peradilan bukan hanya sekedar mampu melaksanakan tugas dan fungsi di Bidang Teknis Yudisial, tetapi juga harus memiliki kemampuan dalam menjalankan organisasi melalui pengelolaan 3M, yaitu Man, Material, Money, serta dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk menunjang pelaksanaan tugas-tugas Peradilan.

Menurutnya, ketika seorang Hakim diangkat menjadi Pimpinan Pengadilan, maka tidak cukup hanya dibekali dengan kemampuan teknis dalam memimpin Persidangan, melainkan juga harus memahami tentang manajemen administrasi dan tata kelola organisasi.

“Karena di Institusi Pengadilan terdapat dua Bidang Administrasi yang harus dikuasai oleh seorang Pimpinan Pengadilan, yaitu administrasi perkara dan administrasi umum non keperkaraan, agar setiap Pimpinan Pengadilan mampu menjadi seorang leader sekaligus menjadi manajer bagi seluruh aparatur yang ada di satuan kerjanya,” kata Prof Syarifuddin.

Lebih lanjut Prof Syarifuddin menjelaskan, tiga unsur jabatan di Lembaga Peradilan, yaitu Pimpinan Pengadilan, Panitera dan Sekretaris memegang tanggung jawab dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi Peradilan berdasarkan ruang lingkup kewenangan masing-masing.

Seorang Pimpinan Pengadilan bertanggung jawab terhadap tata kelola administrasi di bidang perkara, yang dilaksanakan oleh Panitera Pengadilan dan tata kelola administrasi di bidang non keperkaraan yang dilaksanakan oleh Sekretaris Pengadilan, sehingga masing-masing pejabat harus memahami tentang garis tanggung jawab dan garis koordinasi antara satu dengan yang lain.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Bambang Hery Mulyono SH MH mengatakan, tujuan diadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi manajerial dan leadership para Pimpinan Pengadilan, Panitera Pengadilan, dan Sekretaris Pengadilan.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 120 peserta dari 4 lingkungan Peradilan, diantaranya Ketua atau Wakil Ketua Pengadilan tingkat pertama sebanyak 40 orang, Panitera Pengadilan tingkat pertama sebanyak 40 orang dan Sekretaris Pengadilan tingkat pertama sebanyak 40 orang.

Inovasi Smart Collaborative Learning System (SCLS)

Disamping membuka Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pengadilan, Ketua Mahkamah Agung juga melounching inovasi Smart Collaborative Learning System (SCLS), yaitu model pembelajaran yang memadukan antara kecerdasan manusia dengan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI).

Dengan pola kerja SCLS ini, proses pembelajaran dapat dilakukan secara lebih menarik dan interaktif. Karena AI dapat membantu menterjemahkan setiap modul pembelajaran, ke dalam berbagai bentuk media pendukung pembelajaran.

“Ke depannya teknologi AI ini akan menjadi sebuah keniscayaan dalam semua bidang kehidupan kita, sehingga mau tidak mau, lambat laun kita akan semakin akrab dengan keberadaan AI dalam setiap aktivitas pekerjaan kita, bahkan di beberapa negara juga telah mulai memanfaatkan teknologi AI ini, dalam pelaksanaan tugas-tugas yudisial,” kata Prof Syarifuddin.

Baca Juga:

Untuk mewadahi model pembelajaran SCLS ini, Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan juga telah mengembangkan Learning Manajemen System (LMS) yang kemudian diberi nama Menpim Optima.

Pengembangan LMS ini ditujukan untuk mampu mengakomodir proses berjalannya sistem pembelajaran kolaboratif, antara para Widyaiswara dengan Tim Konten Kreator, Penyelengara, dan Para Peserta Pelatihan.

Diakhir sambutannya, Prof Syarifuddin berharap Pusdiklat Manajamen dan Kepemimpinan dapat terus melaksanakan pelatihan ini secara berkelanjutan, sehingga semakin banyak aparatur Peradilan yang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini sebagai bekal bagi mereka dalam menjalankan tugasnya.

“Karena salah satu faktor yang mendorong keberhasilan dari sebuah organisasi adalah adanya faktor kepemimpinan yang adaptif, dan berkarakter dari seorang pemimpinnya,” kata Prof Syarifuddin.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan di bawah naungan Badan Strategi Kebijakan Diklat Kumdil, yang telah berupaya mengembangkan inovasi bagi kemajuan lembaga pelatihan di lingkungan Mahkamah Agung.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, para Ketua Kamar pada Mahkamah Agung, pejabat eselon I, II dilingkungan Mahkamah Agung serta para undangan lainnya. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis Humas MA

Editor: Lukman

(Visited 16 times, 16 visits today)
Mahkamah AgungProf Syarifuddin
Comments (0)
Add Comment