Cawagub Kaltim Perkirakan Alokasi Dana Pendidikan Gratis Rp1 Trilyun

Seno: Kalau Kita Punya Anggaran Rp5 Trilyun, Itu Sudah Cukup

DETAKKaltim.Com, Samarinda: Seno Aji, calon Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) dari pasangan Rudy Mas’ud dengan nomor urut 2, menjelaskan secara rinci mengenai Program Pendidikan Gratis yang mereka tawarkan.

Seno mengungkapkan, pihaknya telah menghitung jumlah Mahasiswa di Kaltim, baik di Universitas Negeri maupun Swasta, serta rata-rata biaya SPP setiap semester.

“Kita sudah memperkirakan jumlah Mahasiswa yang ada, yang bersekolah di Kaltim. Dengan total beasiswa sebesar 250 Milyar, jika satu Mahasiswa menerima 10 Juta per tahun, hanya 25 ribu Mahasiswa yang tercover. Padahal, kita memiliki sekitar 100 ribu Mahasiswa,” jelas Seno dalam Konferensi Pers bersama awak media di Kantor DPD Golkar Kaltim, Selasa (24/9/2024).

Ia mengungkapkan, untuk memberikan pendidikan gratis kepada semua Mahasiswa, dibutuhkan anggaran pendidikan yang lebih besar, yakni sekitar Rp1 Trilyun.

“Kalau kita punya anggaran 5 Trilyun, itu sudah cukup untuk Program Pendidikan Gratis yang kita rencanakan,” ujar Seno.

Seno juga menanggapi skeptisisme terkait sumber pendanaan, mengklarifikasi bahwa ada alokasi anggaran yang jelas untuk kesejahteraan rakyat.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa anggaran yang ada, digunakan dengan bijaksana untuk kesejahteraan rakyat.” tandas Seno Aji.

Baca Juga:

Apabila terpilih, Seno mengatakan bahwa Program Gratispol akan segera dianggarkan dalam Anggaran Perubahan tahun 2025, dengan begitu program ini dapat dijalankan tahun 2026.

Melalui pernyataannya pula, Seno Aji menegaskan bahwa Program Pendidikan Gratis adalah hal yang mungkin dan realistis, serta berlandaskan pada perencanaan yang matang dan akuntabel.

Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (4), alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sehingga jika mengacu pada aturan tersebut, dengan APBD Kaltim tahun 2024 tercatat Rp22,19 Trilyun maka sejatinya ada sekitar Rp4,438 Trilyun dana untuk Bidang Pendidikan tahun ini. Angka ini jauh lebih besar dari yang dibutuhkan untuk Pendidikan Gratis. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Pendidikan GratisPilgub KaltimRudy Mas'udSeno Aji
Comments (0)
Add Comment