Kampanye 3 Paslon Pilkada Mahulu Akan Tersebar di 3 Dapil

Alex: Kami Akan Mengatur Jadwal

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Alex, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) memberikan penjelasan mengenai persiapan kampanye, serta pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mahulu 2024.

Alex menjelaskan, terkait dengan regulasi kampanye yang akan berlangsung selama 60 hari. Dari 25 September hingga 23 November 2024, pihaknya masih menunggu draft aturan dari KPU Provinsi Kalimantan Timur yang akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan kampanye di tingkat daerah.

“Kami akan mengatur jadwal kampanye masing-masing Paslon. Mengingat di Kabupaten Mahulu terdapat tiga daerah pemilihan dan juga tiga pasangan calon, kami berencana untuk memberikan setiap Dapil kepada masing-masing Paslon,” ujar Alex dalam kegiatan Bimtek KPU Kaltim, Selasa (17/9/2024).

Ide tersebut muncul untuk menghindari potensi tabrakan jadwal kampanye dan mengurangi risiko hal-hal yang tidak diinginkan, seperti bentrokan antar pendukung. Dengan membagi Dapil sesuai Paslon, diharapkan pelaksanaan kampanye dapat berjalan lebih lancar dan terkoordinasi dengan baik.

Namun, Alex juga menegaskan bahwa keputusan final mengenai teknis pelaksanaan kampanye masih menunggu regulasi dari KPU Provinsi.

Terkait pengundian nomor urut Paslon, Alex juga menyinggung kesiapan KPU Kabupaten Mahulu. Meskipun KPU Mahulu saat ini masih menempati kantor sewaan dan belum memiliki gedung permanen, Alex memastikan bahwa pengundian nomor urut Paslon akan tetap dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Mahulu.

Sesuai instruksi dari KPU RI, pengundian nomor urut memang harus dilakukan di kantor masing-masing KPU Kabupaten atau Kota.

“Meskipun kantor kami belum permanen, kami sudah merancang lokasi dan mengatur teknis pelaksanaannya bersama teman-teman sekretariat,” tambahnya.

Baca Juga:

KPU Mahulu juga telah mengatur jumlah tamu undangan, yang akan menghadiri acara pengundian nomor urut. Setiap Paslon diundang untuk membawa maksimal 20 orang, sehingga total ada sekitar 60 orang dari ketiga Paslon yang akan berada di area utama acara.

Sementara itu, pendukung lainnya yang tidak termasuk dalam undangan resmi akan disediakan area terpisah di luar untuk menyaksikan jalannya acara. Alex optimis, bahwa acara tersebut akan berjalan lancar dan sesuai rencana.

“Kami sudah menginformasikan kepada masing-masing Paslon mengenai aturan ini. Kami pastikan bahwa KPU Kabupaten Mahulu siap melaksanakan di kantor kami sendiri.” pungkas Alex.

Tiga Dapil di Mahulu yang dimaksud adalah sebagai berikut:

– Mahakam Ulu 1 (Long Bagun)

– Mahakam Ulu 2 (Long Hubung, Laham)

– Mahakam Ulu 3 (Long Apari, Long Pahangai). (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor : Lukman

(Visited 13 times, 13 visits today)
Alex KPUKPU MahuluMahakam Ulu
Comments (0)
Add Comment