KPU Mahulu Tetapkan DPT Pilkada 2024 Sebanyak 27.869 

Paulus: Kami Berhasil Menyelesaikan Penetapan DPT

DETAKKaltim.Com, MAHULU: Setelah dihadapkan dengan kendala jaringan internet yang tidak lancar, Komisi Pemilihan Umum Mahakam Ulu (KPU Mahulu) akhirnya secara resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat Kabupaten untuk Pilkada 2024.

Melalui Rapat Pleno terbuka di Kantor KPU Kabupaten Mahulu, DPT yang ditetapkan mencakup 5 Kecamatan, 50 Desa/Kampung dan 77 TPS dengan rincian pemilih laki-laki 15.108 dan pemilih perempuan 12.761.

Sehingga, berdasarkan hasil Rapat Pleno Rekapitulasi KPU Mahulu, jumlah DPT secara keseluruhan yang ditetapkan sebanyak 27.869 pemilih.

Ketua KPU Mahulu Paulus Winarno Hendratmukti mengatakan, jumlah data pemilih yang ditetapkan sebenarnya tidak ada perubahan signifikan. Hanya memang ada beberapa angka nol yang mengalami pendobelan.

Namun demikian, KPU melalui tim yang ada telah melakukan perbaikan, serta disaksikan oleh Bawaslu selaku pihak yang memiliki peran Pengawas Pemilu.

“Alhamdulillah, kami berhasil menyelesaikan penetapan DPT setelah aplikasi Sidalih dapat berfungsi dengan baik. Jadi total keseluruhan DPT sebanyak 27.869 pemilih,” kata Paulus, Jum’at (20/9/2024).

Baca Juga:

Setelah penetapan DPT ini pemilih, kata Paulus lebih lanjut, proses selanjutnya yakni memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengajukan pindah memilih, baik di dalam maupun luar Kabupaten Mahulu dengan memenuhi kriteria tertentu.

Salah satunya adalah pemilih harus memiliki data kependudukan yang jelas.

“Pentingnya dokumen pendukung bagi setiap pemilih yang ingin mengajukan pindah memilih, tidak bisa diabaikan. Jika pemilih tidak membawa surat pindah memilih, mereka tidak akan dilayani,” tegasnya.

Diketahui, sebelumnya KPU Mahulu mengalami kendala dalam mensinkron data pemilih, karena jaringan internet mengalami gangguan, sehingga menyebabkan aplikasi Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) tidak terkoneksi dengan baik. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Iw

Editor: Lukman

(Visited 11 times, 11 visits today)
DPT MahuluKPU MahuluMahakam UluPaulus KPUPilkada 2024
Comments (0)
Add Comment