PT MKH Kembali Dukung Pelaksanaan Erau Adat Benua Tuha

Elanda: PT MKH Mendukung Penuh Acara Yang Sakral Tersebut

General Manager PT. MKH Morlifa Elanda bersama penari yang didatangkan dari Samarinda pada pembukaan Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung 2024. (foto: Exclusive)

DETAKKaltim.Com, MUARA KAMAN: Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, yang telah dimasukkan ke dalam kalender event tahunan kembali digelar Pemerintahan Desa Sabintulung, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, Sabtu (24/8/2024).

Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung yang dibuka Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, dan ramai disaksikan masyarakat dari berbagai Desa sekitar ditandai pemukul Gong oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Ke-21 Sultan Aji Muhammad Arifin.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya datang dari Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH) dan PT Agro Raya Malindo (ARM) yang beroperasi di wilayah Kecamatan Muara Kaman.

Terkait motivasi dukungannya dalam pesta adat ini, General Manager PT MKH Morlifa Elanda yang dikonfirmasi mengatakan, acara Erau Adat Benua Tuha di Desa Sabintulung merupakan salah satu warisan budaya yang berharga dan penting untuk dilestarikan.

“Untuk itu, PT Maju Kalimantan Hadapan dan PT Agro Raya Malindo mendukung penuh acara yang sakral tersebut, untuk ikut juga melestarikannya sebagai bagian dari pihak yang berinvestasi di wilayah Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman,” jelas Elanda.

Baca Juga:

PT MKH dan PT ARM berharap, kata Elanda lebih lanjut, dengan adanya acara Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini dapat lebih mempererat dan mensinergikan keberadaan perusahaan di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Muara Kaman, khususnya masyarakat Desa Sabintulung yang dapat memberikan nilai postif dan juga kemasalahatan untuk kedua belah pihak.

Salah satu dukungan yang diberikan PT MKH dan PT ARM dalam pesta adat ini, selain dukungan lainnya, dengan menghadirkan penari dari Samarinda yang ambil bagian dalam acara pembukaan.

Berdasarkan catatan redaksi, dukungan PT MKH dan PT ARM terhadap Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung bukan baru pertama kali ini. Tahun 2023 perusahaan yang mempekerjakan ribuan tenaga kerja lokal dan dari luar daerah ini, juga memberikan dukungan serupa.

Meski sempat diwarnai hujan gerimis pada awal kegiatan pembukaan, namun acara dapat berjalan lancar hingga selesai.

Erau Adat Benua Tuha Desa Sabintulung ini merupakan warisan dari leluhur Kerajaan Kutai, yang pada mulanya ritual adat ini untuk pelaporan hasil bumi kepada Kesultanan. Hingga kini, ritual adat itupun terus dilestarikan dan menjadi agenda yang wajib digelar setiap tahun selama 7 hari. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

 

(Visited 25 times, 1 visits today)
Benua TuhaDesa SabintulungErau AdatPT ARMPT MKH
Comments (0)
Add Comment