Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-79 RI di IKN Berpotensi Macet Besar

Kadiskominfo Kaltim Minta Undangan Tak Gunakan Kendaraan Pribadi

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Antusiasme warga Kaltim sangat tinggi terhadap momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia (RI) mendatang, mengingat Kaltim, khususnya IKN, akan menjadi tuan rumah untuk yang pertama kalinya.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim Muhammad Faisal, meminta masyarakat untuk tidak terburu-buru menuju IKN untuk menghindari potensi kemacetan yang parah.

Ia mengaku sangat memahami euforia masyarakat, namun ia menekankan agar ketertiban dan kenyamanan tetap senantiasa dijaga.

“Kami mengimbau agar tidak ada kerumunan besar di IKN, karena tanpa pengaturan yang baik, potensi kemacetan bisa sangat besar,” ujar Faisal di Ruang WIEK Diskominfo, Senin (12/8/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, guna meminimalisir kemacetan, pemerintah provinsi telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif. Salah satunya adalah meminta tokoh masyarakat yang diundang, untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Sebaliknya, Stasiun Batakan, Balikpapan, akan digunakan, sebelum berangkat bersama menggunakan kendaraan yang disediakan panitia, baik untuk Upacara Pengibaran Bendera di pagi hari maupun Penurunan Bendera di sore hari.

Faisal menambahkan, upacara HUT Ke-79 RI di IKN akan menjadi pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan upacara-upacara sebelumnya yang diadakan di Jakarta.

Tahun ini, sebanyak 1.500 peserta akan hadir di IKN, dengan 380 orang berasal dari pusat, 400 kuota untuk tokoh masyarakat Kaltim, dan 500 untuk warga sekitar IKN.

“400 tokoh masyarakat akan diundang oleh Sekretariat Negara (Setneg) bersama Paspampres. Ini adalah kesempatan bagi lebih banyak tokoh lokal untuk terlibat dalam perayaan ini,” jelas Faisal.

Baca Juga:

Ia juga menekankan bahwa undangan sepenuhnya dikelola oleh Setneg, bukan oleh Pemprov Kaltim. Untuk itu, ia berharap masyarakat dapat memahami dan menghormati kebijakan ini.

Sementara itu, masyarakat yang tidak dapat menghadiri upacara di IKN dihimbaunya untuk tidak khawatir, sebab Pemprov Kaltim akan menyelenggarakan upacara tingkat Provinsi di GOR Palaran, Samarinda.

Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang biasanya mengadakan upacara di kantor masing-masing, akan berkumpul di GOR Palaran dan mengikuti acara nonton bersama upacara nasional.

“Diskominfo Kaltim akan menyelenggarakan nonton bersama di beberapa pusat perbelanjaan, seperti Big Mall Samarinda dan Penta City Balikpapan.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Faisal KominfoHUT RIIKN Macet
Comments (0)
Add Comment