KPPU Dorong Pemprov Kaltim Cegah Persekongkolan Dalam Tender

Ratmawan: Terdapat Prinsip-Prinsip Yang Harus Diutamakan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menciptakan iklim pengadaan barang/jasa yang sehat dan bebas dari praktik persekongkolan.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pengadaan Barang/jasa, yang diselenggarakan Biro Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, Senin (5/8/2024).

Kabid Kajian dan Avokasi KPPU Kanwil V Ratmawan Ari Kusnandar menjelaskan, persekongkolan tender merupakan salah satu bentuk persaingan usaha tidak sehat yang merugikan negara dan masyarakat.

Sebagaimana diatur pada Pasal 22 UU 5/99. “Pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pelaku usaha lain, dan/atau pihak yang terkait dengan pelaku usaha lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender, sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat”.

“Saya yakin dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa, terdapat prinsip-prinsip yang harus diutamakan oleh semua pelaku pengadaan. Antara lain efisien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil tidak diskriminatif, dan akuntabel. Dan yang paling utama dalam perspektif pengadaan persaingan usaha adalah, saling berkompetisi untuk memenangkan tender” jelas Ratmawan.

Baca Juga:

Kompetensi dan kapabilitas Pokja menjadi salah satu unsur yang mempengaruhi suksesnya proses pengadaan barang/jasa pemerintah, serta dapat mencegah terjadinya persaingan usaha tidak sehat seperti persekongkolan tender.

KPPU juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan dugaan persekongkolan dalam tender, dengan mengirim laporan ke alamat KPPU Kanwil V di Jalan Dahlia Nomor 6 Samarinda, atau melalui email infokom@icc.go.id.

Dengan upaya bersama, diharapkan pengadaan barang/jasa di Kalimantan Timur dapat berjalan lebih baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 21 times, 1 visits today)
KPPU TenderPemprov KaltimPersekongkolan Tender
Comments (0)
Add Comment