Alarm Sampah di Sangatta, Politisi PDIP Desak Pemkab Bertindak Cepat

Silambi: Tidak Bisa Lagi Menunda-Nunda Penanganan Sampah

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Keadaan lingkungan Kota Sangatta kian memburuk, akibat tumpukan sampah yang belum terkelola dengan baik. Kondisi ini memicu reaksi keras dari Anggota Komisi C DPRD Kutai Timur, Yusuf Silambi.

Silambi mengungkapkan, banyak titik di kota yang dipenuhi sampah, termasuk sepanjang Jalan AW Syahrani yang memperburuk citra kota dan kualitas lingkungannya.

“Kami berharap agar penanganan sampah dapat dikelola secara lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban yang masuk ke Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Batota,” ujar Yusuf Silambi saat ditemui, Kamis (18/7/2024).

Ia juga menyoroti perlunya percepatan pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah yang sebelumnya dijanjikan oleh Perusahaan Tambang setempat, ke arah Rantau Pulung. Fasilitas ini dinilai dapat mengurangi volume sampah yang harus ditangani oleh TPA Batota, serta menciptakan solusi jangka panjang yang berkelanjutan untuk masalah sampah di kota.

“Kami tidak bisa lagi menunda-nunda penanganan sampah. Percepatan pembangunan fasilitas pengolahan sampah menjadi sangat penting, untuk menjamin kebersihan dan kesehatan lingkungan di Kota Sangatta,” tegasnya.

Baca Juga:

Silambi menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Timur perlu mengambil langkah-langkah yang lebih serius dan inovatif, dalam menangani masalah sampah ini.

“Kita harus berpikir jauh ke depan untuk mengelola sampah secara efektif dan efisien, serta mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan,” tambahnya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap agar seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat dan pihak terkait, dapat bekerja sama dalam mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah sampah ini.

“Komitmen bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah kunci untuk menciptakan Kota Sangatta, yang lebih baik dan sehat bagi semua.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor; Lukman

(Visited 339 times, 1 visits today)
DPRD KutimPDI PerjuanganSampah SangattaYusuf Silambi
Comments (0)
Add Comment