Sudah Rampung, Kukar Bangun Pabrik Rumput Laut di Muara Badak

Dapat Tambahan Dana Rp20 Milyar Bangun Fasilitas

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Proyek Pembangunan Pabrik Rumput Laut yang berlokasi di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), saat ini sedang dalam proses pembangunan. Saat ini, proyek tersebut memasuki fase penyelesaian fasilitas penunjang.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar Sayid Fathullah saat ditemui di kantornya, Selasa (2/7/2024).

Ia menyampaikan bahwa Tahun Anggaran 2024, telah dialokasikan tambahan dana sebesar Rp20 Milyar untuk menunjang pembangunan tersebut.

“Fasilitas penunjang yang sedang dibangun meliputi pagar, Mushalla, Semenisasi Jalan, dan lain-lain. Struktur utama pabrik sudah rampung 100 persen, kini tinggal menyelesaikan fasilitas pendukung,” ujar Sayid Fathullah.

Dengan target penyelesaian Desember 2024, diharapkan pabrik mulai beroperasi awal tahun 2025.

Sayid menjelaskan, kebijakan hilirisasi industri Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak merupakan langkah strategis untuk mengubah wilayah tersebut menjadi pusat manufaktur.

Pembangunan Pabrik ini diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal, terutama bagi masyarakat pesisir Muara Badak.

Baca Juga:

Potensi besar Kecamatan Muara Badak, khususnya dalam Budidaya Rumput Laut, menjadi dasar optimisme.

“Dengan adanya pabrik ini, diharapkan nilai jual Rumput Laut akan meningkat, membawa kesejahteraan bagi para Petani, serta membantu mengurangi angka pengangguran di daerah ini.” tandas Sayid. (DETAKKaltim.Com/Adv.Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 25 times, 1 visits today)
Muara BadakPabrik Rumput LautRumpul LautSayid Fathullah
Comments (0)
Add Comment