Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara di Kaltim

Dwi: Inovasi dan Kolaborasi, Kunci Utama Majukan Sektor Ekonomi Kreatif

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Dwi Marhen Yono menekankan, bahwa inovasi dan kolaborasi merupakan kunci utama dalam memajukan sektor ekonomi kreatif di era pasca pandemi.

Menurutnya, sinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur (Kaltim) sangat penting untuk mencapai tujuan bersama.

Berbeda dengan situasi pandemi sebelumnya, kini kita perlu berinovasi dan berkolaborasi. Kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Kaltim, dan Kabupaten/Kota sangat diperlukan karena kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri,” ujar Dwi  usai memberikan materi pada Bimbingan Teknis Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Melalui Pengembangan Daya Tarik Produk Kalimantan Timur besutan Kemenparekraf RI, di Hotel Harris Samarinda, Minggu (30/6/2024).

Ia juga menyoroti pentingnya proyek Ibu Kota Negara (IKN), sebagai simbol kebanggaan nasional dengan tagline “Kaltim untuk Indonesia”. Menurutnya, pengembangan Kaltim yang unggul dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat akan mendukung visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, kolaborasi antara Kementerian dan Pemerintah Daerah Kaltim sudah terbukti berjalan dengan baik. Ia menambahkan, bahwa dalam waktu dekat akan ada kegiatan besar di Kaltim yang menjadi bukti nyata dari kolaborasi ini.

“Kita sudah tahu bahwa kunjungan di Kaltim begitu tinggi dan okupansi hotel-hotel penuh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kehadiran orang-orang di Kaltim ini dapat memberikan kontribusi ekonomi kepada masyarakat lokal,” jelas Hetifah.

Baca Juga:

Hetifah juga mengungkapkan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat dan Daerah, untuk mendorong peningkatan kapasitas SDM di berbagai sektor, termasuk Sektor Ekonomi Kreatif. Dan pihaknya sangat mendukung niat tersebut.

“Hal ini penting agar potensi Kaltim dapat dioptimalkan, terutama dengan adanya IKN.” tandasnya.

Melalui kolaborasi yang kuat dan inovasi yang berkelanjutan, diharapkan Kaltim dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional, serta kesejahteraan masyarakat setempat. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 18 times, 3 visits today)
Dwi Marhen YonoHetifah SjaifudianPariwisata Nusantar
Comments (0)
Add Comment