Disdik Kukar Buka PPDB Online Tingkat SD dan SMP  

Emy: Sistemnya Online

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Mulai hari Kamis, 20 Juni 2024, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahap pertama untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serentak dilaksanakan di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). PPDB Online ini dibuka selama tiga hari, dari 20 hingga 22 Juni 2024.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar melalui Kasi Penjaminan Mutu dan Kelembagaan Emy Rosana Saleh menjelaskan, proses seleksi PPDB online tahap pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi dan perpindahan tugas orang tua. Tahap kedua akan dilaksanakan pada 26-28 Juni 2024, untuk jalur zonasi.

“Sistemnya online, dan kami menekankan tidak ada yang namanya gratifikasi dalam PPDB online ini, sesuai dengan Surat Edaran KPK Nomor 7 tahun 2024. Tidak boleh ada gratifikasi atau penerimaan PPDB lewat jalur belakang,” tegas Emy saat ditemui, Jum’at (21/6/2024).

Diungkapkannya, bahwa persyaratan PPDB online sudah diatur dalam Petunjuk Teknis (Juknis) yang dikeluarkan oleh Bupati.

“Untuk jalur afirmasi, misalnya, peserta didik harus memiliki Kartu Indonesia Pintar. Ada juga jalur prestasi, yang berdasarkan nilai rapor, dan jalur zonasi yang didasarkan pada wilayah tempat tinggal yang sudah ditetapkan,” jelasnya.

Prestasi yang diakui bisa berupa prestasi akademik maupun non-akademik, sementara jalur afirmasi diperuntukkan bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu yang memiliki Kartu Indonesia Pintar.

“Tidak perlu khawatir tidak mendapatkan peserta didik dengan adanya jalur zonasi. Zonasi yang ditetapkan mencakup hampir seluruh wilayah di Kukar, sehingga semua sekolah negeri akan mendapatkan murid sesuai dengan ketetapan tahapan yang ada,” tambah Emy.

Baca Juga:

Ia juga menyatakan bahwa untuk memastikan kelancaran proses seleksi PPDB secara online, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar telah menyiapkan helpdesk. Baik di kantor Disdikbud Kukar sendiri, maupun di masing-masing satuan pendidikan di 20 Kecamatan.

“Saat ini, seluruh sekolah SMP di 20 Kecamatan se-Kukar telah menyiapkan helpdesk di masing-masing sekolah untuk membantu peserta didik baru dalam proses pendaftaran secara online,” beber Emy.

ia juga meminta kepada pihak sekolah untuk dapat membantu proses pendaftaran PPDB online, karena tidak seluruh masyarakat yang memahami teknologi.

“Kami berharap pihak sekolah dapat memberikan pelayanan yang terbaik, kepada orang tua calon siswa yang ingin mendaftar.” pintanya menandaskan. (DETAKKaltim.Com/Adv.Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 18 times, 1 visits today)
Disdik KukarEmy Rosana SalehPPDB SDPPDB SMP
Comments (0)
Add Comment